Berita

Wali Kota Malang Sutiaji Waspadai Lonjakan Wisatawan Sebelum Nataru 2022

Rabu, 01 Desember 2021 - 14:56
Wali Kota Malang Sutiaji Waspadai Lonjakan Wisatawan Sebelum Nataru 2022 Ilustrasi kepadatan pengunjung yang berada di salah satu tempat pusat perbelanjaan. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES INDONESIA)

TIMES JATIM, MALANGWali Kota Malang Sutiaji mengakui bahwa terdapat lonjakan kunjungan wisatawan ke Kota Malang sebelum perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Sutiaji sendiri, malah bukan takut saat Nataru 2022 mendatang ini, akan tetapi kini banyak warga yang telah mengambil cuti terlebih dahulu sebelum Nataru bergulir.

"Yang perlu diwaspadai bukan liburan Nataru, sekarang ini orang pada ambil cuti. Jalan-jalan di Kota Malang macetnya sekarang luar biasa," ujar Sutiaji, Rabu (1/12/2021).

Tak hanya itu, ia juga mengetahui bahwa kini Hotel-Hotel di Kota Malang juga telah penuh dengan para wisatawan yang menginap. Banyaknya warga yang telah mengambil cuti, ditambah sekolah yang juga kini sedang melakukan Daring (online), liburan keluarga pun saat ini tengah terjadi di Kota Malang.

"Anak-anak banyak yang daring, sehingga busa ngajak keluarganya. Nah ini harus ada kewaspadaan. Saya minta nanti ada swab acak di tempat kerumunan termasuk PHRI (Hotel dan Resto)," tegasnya.

Kekhawatiran Sutiaji lebih tinggi, dikarenakan juga kini tengah muncul varian baru Covid-19, yakni Omnicron. Oleh karena itu, ia juga meminta pengetatan di setiap RT/RW bisa terlaksana segera tak perlu menunggu Nataru 2022 tiba. "Peran RT/RW ini penting. Saya akan kumpulkan Lurah untuk memberitahu ke RT/RW," tegasnya.

Terpisah, diakui Ketua PHRI Kota Malang, Agoes Basoeki, memang benar okupansi hotel saat ini sebelum Nataru 2022 telah meningkat, bahkan mengalami kepadatan. Dari catatan yang ia terima, okupansi Hotel di Kota Malang dalam sebulan terakhir ini bisa mencapai 80 persen yang dimana hal tersebut seperti sebelum ada Covid-19.

"Jadi untuk Weekend di hari Jumat, Sabtu dan Minggu ini memang penuh (kamar hotel di Kota Malang). Minggu kemarin penuh, banyak yang cari karena penuh di semua hotel," tuturnya.

Tak hanya kamar hotel, untuk ruang-ruang meeting yang berada di Hotel Kota Malang, kini juga telah penuh disewa oleh beberapa orang, mayoritas dari Malang Raya, Surabaya, Tanggerang, Jakarta hingga Jogja.

Untuk antisipasi kepadatan wisatawan, khususnya di Hotel Kota Malang, Agoes pun berpesan untuk seluruh Hotel di Kota Malang bisa tetap memperketat protokol kesehatan sebagai antisipsi adanya penyebaran Covid-19.

"Kami dari PHRI juga telah memberikan pengarahan kepada hotel untuk antisipasi sesuai arahan pusat bahwa prokes dan vaksin adalah nomor satu," pungkasnya terkait antisipasi Nataru sebagaimana juga diwaspadai Wali Kota Malang Sutiaji. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.