https://jatim.times.co.id/
Berita

Hadapi Bonus Demografi, Menaker RI Dorong Pengembangan Talenta Muda

Senin, 08 Agustus 2022 - 13:38
Hadapi Bonus Demografi, Menaker RI Dorong Pengembangan Talenta Muda Talent Talk Today bersama Menaker RI, Ida Fauziyah (tengah) di Mall Ciputra World (lt.3), Kota Surabaya. (FOTO: Dok. Kemnaker RI for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYAMenaker RI, Ida Fauziah membahas kondisi terkini pertumbuhan ekonomi global.

Penduduk usia kerja di Indonesia menurut data Badan Pusat Stastitik (BPS) per Februari 2022 mencapai 208,54 Juta. Sedangkan, tenaga kerja yang belum terserap atau masuk dalam Pengangguran Terbuka mencapai 8,40 juta.

Makin melimpahnya penduduk usia kerja hingga 2030 sudah diprediksi. Bahwa Indonesia akan mengalami bonus demografi jadi satu tantangan tersendiri untuk Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) agar tenaga kerja dapat terserap dengan baik di Industri.

Menanggapi hal itu, Kemenaker RI melalui Direktorat Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri bersama Talenthub Kemenaker RI mengadakan satu program khusus yang bernama Job Connect.

Program ini memiliki beberapa rangkaian acara, yaitu Focus Group Discussion (FGD), Talent Scouting, dan Talent Talks. Mall Ciputra World, Surabaya dipilih menjadi tempat agenda ini.

Kota Surabaya sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Timur menjadi tempat kedua setelah Jakarta untuk menyelenggarakan Talent Talks yang mengambil tema "Seizing Future Jobs by Building Talent Capabilities”, Minggu 7 Agustus 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Menaker RI menyatakan bahwa masa depan para talenta muda bergantung pada usaha mereka sendiri. 

"Pertumbuhan ekonomi Global sedang tidak baik-baik saja, beberapa negara telah mengalami inflasi. Namun, kita warga Indonesia harus optimis untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi nasional. Pengembangan talenta muda menjadi satu agenda penting untuk menghadapi bonus demografi,” tambah Ida dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Dalam kesempatan itu, pengembangan talenta muda telah menjadi fokus dari Kemenaker RI dengan membentuk Talenthub sebagai penggerak program pengembangan talenta muda.

Selain itu, Ida juga menjelaskan pentingnya untuk melek digital dan teknologi. Kedua hal itu menjadi dua roda penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa kini dan masa mendatang.

Berfokus pada pengembangan talenta muda tanah air dan pengembangan ekosistem digital, Kemenaker menyiapkan tiga program digital utama. Tiga program digital tersebut adalah penyediaan informasi umum mengenai dunia pekerjaan melalui situs www.account.Kemenaker.go.id.

Penyediaan akses peningkatan produktivitas bagi talenta muda di sektor kreatif dan digital melalui situs www.talenthub.Kemenaker.go.id.

Juga platform pendukung pengembangan minat para kelas pekerja, entrepreneur, dan pencari kerja di situs www.karirhub.Kemenaker.go.id, www.pelatihan.Kemenaker.go.id, www.bizhub.Kemenaker.go.id.

"Tersedianya platform-platform ini diharapkan dapat membuat para talenta muda akan link and match terhadap pekerjaan yang diminati sesuai passion masing-masing," tambah Ida. 

Sebagai informasi, Kemenaker telah mencanangkan 9 Lompatan Besar yang terdiri dari transformasi Balai Latihan Kerja (BLK), Link and Match Ketenagakerjaan, Transformasi Program Perluasan Kesempatan Kerja, Pengembangan Talenta Muda.

Selain itu juga Perluasan pasar Kerja Luar Negeri, Visi Baru Hubungan Industrial, Reformasi Pengawasan Ketenagakerjaan, Pengembangan Ekosistem Digital Ketenagakerjaan, dan Reformasi Birokrasi.

Terpisah, Managing Director Talenthub, Ahmad Luthfi mengatakan, untuk mendukung tercapainya 9 Lompatan Kemenaker RI, Talenthub akan terus menciptakan program-program yang adaptif sesuai dengan kebutuhan generasi anak muda dan lapangan pekerjaan di masa kini dan masa depan. 

"Zaman akan terus berkembang, teknologi akan semakin kuat. Maka dari itu untuk menghadapi bonus demografi, perlu adanya program-program khusus untuk menciptakan talenta muda yang berkarakter dan mampu menguasai keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri," tambahnya. 

Menurut Luthfi, Job Connect adalah salah satu program Talenthub yang telah dirancang untuk mencapai link and match antara tenaga kerja dan lapangan pekerjaan yang ada.  

Dalam acara bersama Menaker RI ini, Luthfi menyatakan jika melalui Talent Hub, program tersebut akan disosialisasikan di 6 kota berbeda, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Medan, Makassar, dan Bali. Program diliputi Focus Group Discussion (FGD) dan Talent Scouting. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.