Berita

Pejabat, Tomas, dan Toga Pertama Kali Terima Vaksin Covid-19 di Jember

Selasa, 26 Januari 2021 - 22:17
Pejabat, Tomas, dan Toga Pertama Kali Terima Vaksin Covid-19 di Jember Simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kaliwates, Selasa (26/1/2021). (Foto: Diskominfo Jember for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JEMBER – Penerima pertama vaksin Covid-19 di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada vaksinasi tahap pertama besok, Rabu (27/1/2021) telah ditentukan. Mereka yakni unsur pejabat dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jember, tokoh masyarakat (Tomas), dan tokoh agama (Toga).

Hal itu diungkap oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Jember Gatot Triyono di sela-sela simulasi vaksinasi di Puskesmas Kaliwates, Selasa (26/1/2021).

Simulasi vaksinasi Covid 19 b

“Pencanangan vaksinasi nanti akan dilaksanakan oleh Forkopimda. Rencananya akan dilaksanakan di Puskesmas Kaliwates,” terangnya.

Vaksin yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, lanjut Gatot, juga telah tiba di gudang farmasi Unit Pelaksana Teknis Instalasi Farmasi Kesehatan (UPT IFK) pada pukul 15.20 WIB tadi.

Jumlahnya vaksin yang diterima sebanyak 6.800, dan langsung didistribusikan secara bertahap. Tahap pertama langsung mendistribusikan ke 20 Puskesmas, yang dikawal oleh aparat TNI dan Polri.

Terkait dengan simulasi, Gatot menjelaskan, simulasi dilakukan bersamaan dengan 50 Puskesmas yang akan melayani vaksinasi.

Simulasi vaksinasi Covid 19 c

Sejumlah fasilitas kesehatan tersebut, masih kata Gatot, telah siap dengan tenaga vaksinator maupun fasilitas lainnya.

Tahap pertama vaksinasi tersebut akan diberikan kepada para tenaga kesehatan yang telah memiliki e-ticket. Naskes yang telah mendapatkan e-ticket vaksinasi bertambah menjadi 7.221 orang.

Dalam simulasi tersebut ditunjukkan tahapan dalam melakukan vaksinasi. Di meja pertama petugas memeriksa e-ticket sekaligus mendaftar penerima vaksin.

Kemudian meja kedua merupakan tahap skrining. Skrining dilakukan untuk memastikan apakah cocok sebagai penerima vaksin Covid-19.

Berlanjut ke meja ketiga, yaitu penyuntikan vaksin oleh vaksinator. Meja keempat yaitu tempat bagi penerima vaksin menjalani obserbasi selama 30 menit.

Kepala Puskesmas Kaliwates dr. Sri Isna Amelia menambahkan, simulasi dimulai dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan dan menjaga jarak minimal satu meter.

“Di meja keempat, di bagian observasi, juga diberikan kartu tanda sudah menerima vaksin Covid-19,” katanya. Isna juga mengatakan pihaknya melayani vaksinasi pada hari Rabu dan Sabtu. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.