https://jatim.times.co.id/
Berita

Unisma Gandeng Ahli Remote Sensing Jepang sebagai Adjunct Profesor

Jumat, 24 Mei 2024 - 18:10
Unisma Gandeng Ahli Remote Sensing Jepang sebagai Adjunct Profesor Delegasi Unisma yang dipimpin oleh Rektor saat menandatangi MoU dengan Ahli Remote Sensing Dari Chiba University Jepang, Prof. Josephat Tetuka Sri Samantyo. (Foto: Humas Unisma for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Ada berbagai kerja sama prestisius yang diteken oleh Universitas Islam Malang (Unisma) saat delegasi Unisma melakukan kunjungan ke berbagai negara pada akhir Mei 2024 ini.

Delegasi Unisma yang dipimpin oleh Rektor ini banyak mendatangi institusi pendidikan ternama yang ada di China dan Jepang. Hasilnya, beberapa perguruan tinggi kelas di dua negara tersebut, resmi bekerja sama dengan Kampus NU itu, khususnya untuk pengembangan pendidikan.

Saat melakukan lawatan di Jepang, para delegasi Unisma mendatangi Chiba University, Tokyo, Jepang. Di sana mereka melakukan penandatanganan MoU dengan Head of Josephat Microwave Remote Sensing Laboratory, Prof Josephat Tetuka Sri Samantyo.

Prof Tetuka merupakan ahli remote sensing dunia dari Jepang. Ia merupakan perwakilan Peneliti Ruang Angkasa Jepang yang mengembangkan keilmuannya tentang remote sensing atau penginderaan jarak jauh pada satelit, radar, dan drone untuk sistem pertahanan, vegetasi di bumi, dan potensi kehidupan di planet lain seperti Mars dan Venus (space and beyond).

Setelah menandatangani MoU dengan Unisma, Prof Tetuko resmi menjadi Adjunct Profesor di Unisma, sebuah jabatan kehormatan bagi seseorang dari institusi di luar negeri yang memiliki peran penting dan kerja nyata dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk jangka waktu tertentu di Indonesia.

Sebagai langkah konkrit kerjasama ini, Prof Tetuko akan datang ke Unisma dengan membawa 20 mahasiswa Chiba University berkunjung ke Unisma. Ia akan memberikan Studium General atau Guest Lecture bagi mahasiswa dan dosen yang relevan dengan remote sensing dan pemanfaatannya. Sementara para mahasiswa dari Chiba University akan belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), field study, dan lain lain.

"Diharapkan kerja sama ini akan memelejitkan kualitas lulusan Unisma di program studi Fakultas Teknik, Pertanian, Peternakan, MIPA, dan FKIP dalam pengembangan teknologi yang lebih adaptif terhadap dinamika zaman," ucap Rektor Unisma, Prof Maskuri, Jumat (24/5/2024).

Tak hanya itu, dengan mendatangkan ahli dari luar negeri, pihaknya berharap hal ini juga bisa meningkatkan gairah para sivitas akademika untuk lebih memperdalam skill mereka menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa internasional.

"Penguasaan bahasa Internasional bisa mengantarkan mahasiswa menjadi lulusan yang competitif  di kancah nasional dan internasional untuk menumbuhkan kreasi, inovasi baru yang Unggul dan berdayasaing global dalam bidang IPTEKS," kata Rektor yang banyak membawa kemajuan bagi Unisma ini. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.