https://jatim.times.co.id/
Berita

Kemenag RI Luncurkan Digital Learning Center dan Smart Classroom

Selasa, 28 Maret 2023 - 22:08
Kemenag RI Luncurkan Digital Learning Center dan Smart Classroom Menag Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan sambutan dalam acara Peluncuran Digital Learning Center dan Smart Classroom(FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia) 

TIMES JATIM, JAKARTA – Tidak henti-hentinya Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melakukan inovasi digital. Kali ini dilakukan Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI dengan meluncurkan Digital Learning Center dan Smart Classroom. 

Digital Learning Center dan Smart Classroom yang diluncurkan Kemenag ini menggunakan platform dengan metode MOOC (Massive Open Online Course). Metode ini bisa menjangkau puluhan ribu orang dalam sekali pelatihan dan terbuka untuk semua orang yang ingin mengikuti pelatihan. 

“Mereka bisa mengikutinya secara mandiri, mulai dari mendaftar, mengikuti proses pelatihan, mengerjakan tugas, hingga unduh sertifikat, tanpa meninggalkan tugas utamanya pada jam kerja,” ucap Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Amin Suyitno dalam laporannya pada peluncuran Digital Learning Center dan Smart Classroom di Jakarta pada Selasa (28/3/2023). 

Amin Suyitno mengatakan, selain sangat efisien, platform ini juga tidak membutuhkan biaya besar, sebagaimana jika pelatihan dilakukan secara tatap muka. Sedangkan untuk pelatihan tatap muka, juga akan dilayani dengan pendekatan teknologi, yaitu Digital Smart Classroom. 

“Kelas ini memberikan keuntungan kepada para peserta pelatihan karena peserta di dalam kelas akan terhubung dengan sumber-sumber belajar di luar, e-library yang ada di banyak tempat, juga ekosistem pelatihan yang serba digital,” ungkapnya. 

Menyambut baik inovasi yang dilakukan Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi upaya digitalisasi yang jajarannya. Menurutnya, peluncuran platform pelatihan berbasis digital ini bertujuan untuk mempermudah layanan pengembangan kompetensi ASN Kemenag. 

“Tidak hanya itu, platform ini juga disediakan bagi masyarakat umum yang selama ini membantu tugas Kemenag,” ujar pria yang akrab disapa Gus Men dalam sambutannya. 

Gus Men mengungkapkan, pengelolaan SDM di lingkungan Kemenag ini membutuhkan penanganan khusus karena jumlahnya yang sangat banyak, lebih dari 1,8 juta, yang terdiri dari 237 ribu PNS, dan sisanya yang non PNS.

“Tidak mudah mengelola SDM yang sangat besar ini, terutama yang ada pelosok-pelosok daerah,” kata Gus Men.

Gus Men mencontohkan hasil CAT Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama yang dilakukan Kemenag beberapa waktu yang lalu, sebanyak 40 persen dari PNS yang ada masuk dalam kategori tidak profesional. 

“Indikatornya jelas, mereka tidak mendapatkan pelatihan atau peningkatan kompetensi secara periodik dalam dua tahun terakhir,” ujarnya.

Dengan hadirnya Digital Learning Center dan Smart Classroom sebagai dua platform pelatihan ini adalah kabar gembira. “Ke depan, semua SDM Kementerian Agama bisa meningkatkan kompetensinya secara periodik, kapan pun mereka menginginkan,” ucapnya. 

Gus Men meminta, Digital Learning Center dan Smart Classroom yang telah diluncurkan ini dapat terintegrasi dengan aplikasi pusaka milik Kemenag.

“Karena pengintegrasian ini harus benar-benar bisa dilakukan full integrasi, bukan hanya linknya saja tapi benar-benar diintegrasikan karena kita semua sudah sepakat bahwa Pusaka ini satu-satunya Super Apps yang akan kita kembangkan di Kemenag. Artinya semua aplikasi yang ada di tempat lain sudah seharusnya integrasi secara full,” pinta Gus Men. 

“Saya kasih waktu sebulan lah Pak. Jangan lama-lama, sebulan ke depan saya minta agar aplikasi pintar ini sudah terintegrasi sepenuhnya kepada aplikasi Pusaka Super Apps Kemenag,” tandas Gus Men. 

Hadir dalam peluncuran Digital Learning Center dan Smart Classroom jajaran pejabat Kemenag diantaranya Inspektorat Jenderal Kemenag, Dirjen Bimas Hindu serta staf khusus dan tenaga ahli Menteri Agama. (*) 

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.