https://jatim.times.co.id/
Berita

Partai Nasdem Rekom Syahrul Munir dan Tri Putro di Pilkada Gresik 2024, Bawa Misi Ini

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:45
Partai Nasdem Rekom Syahrul Munir dan Tri Putro di Pilkada Gresik 2024, Bawa Misi Ini Bacabup dan Bacawabup Nasdem, Syahrul Munir dan Tri Putro Utomo berfoto saat mendapatkan rekomendasi (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, GRESIK – Partai Nasdem resmi memberikan rekom kepada bakal calon bupati dan wakil bupati Pilkada Gresik 2024, M Syahrul Munir dan Tri Putro Utomo (Santri).

Penyerahan rekomendasi tersebut diserahkan langsung Sekretaris DPD Nasdem Jawa Timur Aminurokhman dan Ketua Bappilu Suhandoyo, Minggu 23 Juni 2024 di Kantor DPW Nasdem Jatim.

Aminurokhman dalam kesempatan tersebut mengatakan, penyerahan rekomendasi ini merupakan yang tercepat di Indonesia, untuk Gresik dan Pasuruan. 

Dikatakan, keputusan DPP Nasdem memberikan rekomendasi ini bagian dari tahapan partai dalam pelaksanaan pilkada serentak 2024.

"Tentu sudah melalui pertimbangan matang tidak asal-asalan. Ini rekomendasi Cabup-cawabup, bukan surat tugas atau mandat," tegas Aminurokhman.

Sementara itu, Ketua Bappilu Nasdem Jatim Suhandoyo dalam kesempatan itu menegaskan, rekomendasi ini harus dikawal oleh segenap pengurusnya Nasdem Gresik dan seluruh kader.

Dia menginstruksikan kader Nasdem turun ke bawah menyapa masyarakat dan mensosialisasikan Cabup-cawabup yang sudah diputuskan oleh pengurus DPP.

"Tentu juga kepada Paslon, Pak Syahrul dan Pak Tri Putro Utomo agar bergerak di titik-titik basis partai, untuk menyapa masyarakat dan menawarkan gagasan, visi-misi yang diusung," kata Handoyo.

Handoyo juga mengatakan, keputusan rekomendasi ini sudah melalui proses pengamatan atas kehendak rakyat Gresik yang menginginkan sosok pemimpin baru.

"Karena Nasdem mendengar langsung kehendak masyarakat, tidak ada yang lain dalam pertimbangan sepenting pilkada serentak ini," tegasnya.

Pada kesempatan itu Syahrul menyatakan bersyukur lantaran Nasdem merupakan partai kedua yang menurunkan rekomendasi kepada dirinya sebagai Cabup Gresik setelah PKB. Tak sampai 10 hari pasca pendaftaran dirinya ke Nasdem, rekomendasi langsung turun.

"Dan Alhamdulillah rekomendasi turun sekalian Cawabup, Pak Tri Putro Utomo. Nanti Insya Allah Pak Tri juga akan segera mendapatkan rekomendasi Cawabup dari PKB setelah mengikuti UKK (Uji Kelayakan dan Kepatutan) di DPW PKB hari ini," katanya.

Disampaikan, dukungan Nasdem ini menambah optimisme memenangkan Pilkada Gresik 2024, baik melawan petahana maupun kandidat lain yang akan running.

Syahrul juga mengungkapkan, akan ada partai-partai lain yang segera menyusul menurunkan rekomendasi untuk dirinya.

"Kami mengupayakan berkomunikasi dengan seluruh pengurus partai di Kabupaten Kota setempat, termasuk dengan Mas Jiddan, Ketua DPD Nasdem Gresik, untuk menghindari deparpolisasi level daerah," ujarnya.

"Tentu dengan niat dan tujuan mewujudkan visi misi kami, yakni Gresik Menuju Tuntas (Mentas) bersama SanTri, Syahrul dan Tri. Insya Allah partai-partai lain segera menyusul," imbuhnya.

Tri Putro Utomo mengutarakan berterima kasih pada Nasdem karena telah diberikan kesempatan mengikuti kandidasi pilkada Gresik.

"Tentu Saya dan Mas Syahrul punya kesamaan cita-cita yang baik dan memiliki modal yang sama yakni kenekatan dan keyakinan yang terukur," kata Tri Putro.

Karir Politik Syahrul dan Tri Putro Utomo

Politisi muda Syahrul Munir mengawali karir politiknya saat terpilih menjadi anggota DPRD Gresik pada 2019. 

Saat itu, pemuda Desa Tanggulrejo Manyar ini menjabat Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik.

Kemudian pada 2024, Syahrul kian moncer. Dia pun kembali terpilih dari dapil neraka Manyar - Bungah. 

Saat duduk di legislatif, Syahrul dikenal vokal mengkritisi kebijakan pemerintah.

Sementara Tri Putro Utomo merupakan pengusaha sukses asal Kecamatan Driyorejo. Juga pernah menjadi Bendahara DPD Partai Nasdem Kabupaten Gresik.

Pada Pilkada 2020, Tri menjadi salah satu sosok yang dijagokan menjadi bakal calon bupati. Namun, saat itu gagal running karena tak mendapatkan rekomendasi.

Meski belum resmi dideklarasikan, M Syahrul Munir dan Tri Putro Utomo (Santri) dipastikan akan berpasangan pada Pilkada 2024. Apalagi rekomendasi Partai Nasdem sudah diberikan kepada pasangan tersebut. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.