https://jatim.times.co.id/
Berita

Polres Tuban Bubarkan Balap Liar di Awal Ramadan

Minggu, 18 April 2021 - 22:46
Polres Tuban Bubarkan Balap Liar di Awal Ramadan Anggota Kepolisian Polres Tuban saat memberikan sanksi sosial kepada pemuda - pemudi di kawasan jalan lingkar selatan (18/04/2021) (Foto : Ahmad Istihar / TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, TUBAN – Sekelompok pemuda bulan ramadan kerap adakan balap liar di beberapa tempat ditanggapi serius jajaran Polres Tuban, Minggu (18/04/2021).

Puluhan anggota satuan lalu lintas dan personel satuan sabhara Polres Tuban dipimpin Kasat Sabhara AKP Chakim Amrullah, berpatroli di beberapa wilayah di sinyalir dijadikan ajang tempat balap liar.

Patroli diantara dilakukan dikawasan jalur lingkar selatan Jl. KH. Hasyim Asy'ari, Jl. KH. Hasbullah Wahab serta jl. Soekarno-Hatta Tuban.

"Kita antisipasi adanya balapan liar, karena adanya keluhan masyarakat terkait balap liar ini, selain bisa membahayakan diri sendiri juga bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya" ungkap AKP Chakim.

Selain itu, AKP Chakim menambahkan bahwa sekelompok muda-mudi yang sedang bergerombol juga dibubarkan dan di himbau pulang ke rumah masing-masing.

"Kita berikan sanksi sosial berupa pushup bagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan" imbuh Chakim

Terpisah AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan bahwa pihaknya akan terus menurunkan angggotanya untuk patroli di lokasi yang sering dijadikan tempat balapan.

"Biasanya aksi balap liar ini kerap dilakukan para pemuda di beberapa tempat saat bulan Ramadhan khususnya waktu menjelang buka puasa dan setelah sahur, Kita akan laksanakan Patroli pada jam-jam tersebut" terang AKBP Ruruh.

AKBP Ruruh menandaskan patroli bertujuan mencegah kemungkinan adanya balap liar, mengantisipasi terjadinya laka lantas dan tindak kriminalitas, tak hanya itu, kerumunan untuk antisipasi penyebaran Covid-19 juga akan dibubarkan.

"Polres Tuban akan menindak secara tegas bila masih ditemukan adanya balap liar, termasuk di wilayah Polsek jajaran" tegas perwira menengah asal Ngawi  tersebut.

"Saya sudah perintahkan kepada Kapolsek jajaran di wilayahnya sering dijadikan tempat balap liar untuk melakukan kegiatan patroli yang sama," intruksi AKBP Ruruh kepada jajaran.

Lanjut AKBP Ruruh, selain patroli jajarannya juga memberikan himbauan terhadap para muda-mudi agar selama bulan Ramadhan ini digunakan beribadah maupun kegiatan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita berikan himbauan agar selama bulan puasa digunakan memperbanyak ibadah, hindari kegiatan seperti balap liar yang sangat membahayakan keselamatan, serta mengganggu ketertiban dan meresahkan masyarakat" pungkas Kepala Polres Tuban.(*)

Pewarta : Ahmad Istihar (MG-203)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.