https://jatim.times.co.id/
Berita

Kompak dan Kreatif, Lomba Kreasi Baris Berbaris Banyuwangi Tarik Ratusan Peserta

Senin, 23 September 2024 - 17:12
Kompak dan Kreatif, Lomba Kreasi Baris Berbaris Banyuwangi Tarik Ratusan Peserta Pembukaan Lomba Kreasi Baris Berbaris Banyuwangi 2024 (Foto: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)Foto B. Para peserta Lomba Kreasi Baris Berbaris Banyuwangi 2024 saat Lomba dimulai (Foto: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Lomba Kreasi Baris Berbaris Banyuwangi 2024 berlangsung meriah dengan keikutsertaan ratusan pelajar dari berbagai tingkatan, mulai dari SD hingga SMA sederajat Kabupaten Banyuwangi. Sebanyak 96 tim tampil dengan kekompakan dan kreatifitas luar biasa, menyuguhkan ragam formasi baris-berbaris yang penuh inovasi.

“Lomba Kreasi Baris Berbaris ini dapat mengasah karakter positif siswa. Karena mereka tidak hanya berlatih bergerak serentak namun juga kedisiplinan, kekompakan belajar berkolaborasi,  memperkuat solidaritas hingga dapat menciptakan harmoni yang indah dan rapi,” kata Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi Guntur Priambodo, saat memimpin upacara pembukaan kompetisi di GOR Tawangalun, Senin (23/09/2024).

Kompetisi Kreasi Baris Berbaris akan berlangsung selama tiga hari Senin-Rabu, 23-25 September 2024.

Setiap tim menunjukkan aksinya menampilkan gerakan baris-berbaris yang rapi, serempak dan harmonis. Tidak hanya memaksimalkan gerakan baris berbaris saja, setiap tim juga allout dengan kostum yang atraktif.

Pembukaan-Lomba-Kreasi-Baris-Berbaris-Banyuwangi-2024-b.jpg

Seperti yang ditampilkan sejumlah tim dari tingkat SMA sederajat, mereka menampilkan beragam formasi gerakan yang kreatif dan luwes, dengan tetap menyajikan harmoni gerakan yang kompak. Kostum yang dikenakan juga variatif dan unik.

Di antaranya menggunakan pakaian ala petani yang lengkap dengan aksesori caping dan arit, juga ada tim yang berpenampilan ala koboy.

“Selamat bertanding untuk para peserta, junjung tinggi sportivitas, tunjukkan kreativitas dalam berbaris dan jadikan momen ini untuk meningkatkan kemampuan diri,” ucap Guntur.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga M. Alfin Kurniawan mengatakan jumlah tim peserta pada tahun ini meningkat daripada tahun sebelumnya, yakni dari 60 tim (2023) menjadi 96 tim (2024).

“Makin banyak sekolah yang berpartisipasi. Karena kegiatan ini memang sebagai pengganti gerak jalan tradisional yang biasanya diikuti oleh semua sekolah se Banyuwangi dan digelar setiap menjelang peringatan HUT RI,” kata Alvin.

Dalam lomba tersebut setiap tim terdiri atas 16 orang terdiri atas 15 orang anggota dan 1 orang danton (pemimpin). Penilaian dilakukan pada gerakan baris berbaris (PBB), Formasi, Kostum dan Danton terbaik.

“Tim penilai berasal dari perwakilan kepolisian, TNI AD dan AL serta dari Dewan Kesenian Blambangan,” ujarnya.

Nantinya akan diambil juara 1,2 dan 3 untuk masing-masing kategori yakni SD, SMP dan SMA sederajat. Ditambah juga akan ada juara favorit.

“Juara di setiap kategori akan mendapatkan hadiah uang tunai total 63 juta,” pungkas Alfin. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.