https://jatim.times.co.id/
Berita

Terminal Hamid Rusdi Jadi Tempat Relokasi Pedagang Pasar Gadang

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:18
Terminal Hamid Rusdi Jadi Tempat Relokasi Pedagang Pasar Gadang Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat saat meninjau lokasi Terminal Hamid Rusdi. (Foto: Pemkot Malang)

TIMES JATIM, MALANG – Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memutuskan Terminal Hamid Rusdi sebagai tempat penampungan sementara (relokasi) bagi pegadang pasar Gadang saat pasar induk tersebut direnovasi.

"Posisi Terminal Hamid Rusdi juga tidak jauh dan selama ini terminal tidak banyak jalur angkutan masuk. Ini masalah lama dan harus secepatnya dicarikan solusi," ujar Wahyu, Minggu (5/5/2024).

Langakah cepat ini diambil setelah melihat lokasi Pasar Gadang yang dinilai memang sang tidak layak. Mulai penuhnya para pedagang yang tak tertata, becek, tumpukan sampah hingga jalan berlubang, maka harus segera diselesaikan.

"Mulai dari kemacetan di Pasar Gadang, adanya tumpukan sampah, jalan berlubang dan lain sebagainya," ungkapnya.

"Kami lihat sendiri di Jembatan Pasar Gadang ada orang parkir sambil membongkar barang, padahal jalannya sudah sempit," bebernya.

"Memang ada petugas yang menjaga dan mengingatkan, tapi kenyataannya setelah petugas pergi, mereka tidak tertib lagi. Alternatifnya ya kita sterilkan, kita akan memindah," sambungnya.

Wahyu kini tengah melakukan pemetaan aktivitas di Pasar Gadang, pedagang serta proses bongkar muat akan dipindah ke Terminal Hamid Rusdi.

Mengenai keberadaan terminal itu sendiri, nantinya juga akan tetap ada dan menjadi satu kesatuan dengan Pasar Gadang di Terminal Hamid Rusdi. Sehingga, akan ada simbiosis mutualisme antara terminal dan pedagang pasar.

"Jadi pasar dengan Terminal Hamid Rusdi ini nanti ada trayeknya dan akan jadi satu kesatuan, dengan begini akan bisa lebih hidup," katanya.

Untuk realisasinya, tentu Wahyu akan berdiskusi dengan pihak Provinsi Jawa Timru yang mengelola Terminal Hamid Rusdi.

"Tentu akan ada kerja sama. Kita akan kadi dan juga akan ada tahapan untuk bisa secepatnya mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat yang sudah terjadi sejak lama," ucapnya.

Sementara, Kepala Diskopindag Kota Malang mengatakan sekitar 600 pedagang Pasar Gadang yang berencana bakal direlokasi ke Terminal Hamid Rusdi saat revitalisasi berlangsung.

"Hanya yang berdampak kemacetan, sekitar 600," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.