https://jatim.times.co.id/
Berita

Dukung Lions Goes to School, Java Lotus Hotel Jember Dorong Gaya Hidup Minim Sampah

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:26
Dukung Lions Goes to School, Java Lotus Hotel Jember Dorong Gaya Hidup Minim Sampah Kegiatan sosialisasi pengolahan sampah kepada siswa MIM MUTU oleh LCJA dan Java Lotus Hotel Jember. (Humas J.Lo Hotel for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JEMBER – Di tengah semarak dan kesibukan merayakan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Watukebo (MIM MUTU) Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember menjadi tuan rumah program Lions Goes to School

Program tersebut berfokus pada 3R yakni Reduce, Reuse, dan Recycle, kolaborasi Lions Club Jember Argopuro (LCJA), Bank Sampah Induk Karya Mandiri dengan sponsor utama Java Lotus Hotel Jember.

Pengolahan sampah ini menjadi sangat penting. Mengingat Indonesia berada di peringkat ke-2 penyumbang sampah plastik di dunia, cukup memprihatinkan. 

Karena itu, diperlukan sinergi, kolaborasi ekosistem kemasyarakatan untuk penanganan sampah, khususnya sampah plastik, baik dari masyarakat secara individual, kalangan industri, dan pemerintah. 

Masyarakat harus menyadari kondisi ini. Mulai dari diri sendiri untuk “menekan” tumpukan sampah, menggunakan ulang, memilah dan membuang sampah pada tempatnya #KitaPilah.

Bagi manajemen Java Lotus Hotel, pengelolaan sampah dengan baik selayaknya dilakukan secara konsisten berkesinambungan, tidak hanya one shot project saja. 

Untuk itu Tim Java Lotus Hotel dan Lions Club Jember Argopuro bersinergi dengan MIM MUTU dalam pelaksanaan program edukasi pengelolaan sampah.

Perlu diketahui bahwa Lions Goes to School adalah program Lions Internasional dalam program edukasi waste management yang dilaksanakan kelompok-kelompok di wilayah masing-masing di seluruh dunia. 

Selain dengan Lions Club Jember Argopuro, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Watukebo, juga telah bekerja sama dengan organisasi internasional lain sehubungan dengan pengelolaan sampah.

Implementasi Lions Goes to School melibatkan 68 murid kelas 3 Madrasah dengan alasan mendasar anak didik mampu memahami manfaat baik dan buruk hal sampah, limbah keseharian mereka. 

Menularkan cara berfikir positif hal pengelolaan sampah dan mereka masih memiliki cukup waktu untuk mengembangkan menularkan sikap positif dalam pengelolaan sampah di sekolahnya, sebelum mereka lulus SD.

Bermain dan Belajar
Pada Kamis, 2 Mei kemarin “think thank” edukasi 3R pengolahan sampah dilakukan oleh Cak Mad dari Bank Sampah Induk Karya Mandiri. 

Sementara Project Officer Baksos LCJA, Jeffrey Wibisono, bercerita hal kondisi dan klasifikasi sampah standar Lions Internasional.

Melalui program Lions Goes to School diharapkan anak didik di MIM MUTU dapat menjadi role model dalam membentuk kebiasaan, gaya hidup rendah sampah, meminimalisir tumpukan sampah yang dihasilkan setiap hari. 

Bagi volunteer Java Lotus Hotel Jember keikutsertaan mendukung program Lions Internasional adalah kesempatan mengasah tingkat kepedulian ke ruang yang lebih luas, terbuka dan berperan aktif dalam kegiatan sosial.

Pada kesempatan tersebut,  LCJA menyerahkan tiga set tempat sampah kepada MIM MUTU dan praktik pilah pilih sampah sesuai kategorinya, yaitu organik, anorganik, residu dan B3. 

Usai pilah-pilih sampah dan menempatkannya di tong sampah, kegiatan diakhiri dengan makan bersama dengan riang. Mau ikut berpartisipasi baksos berikutnya? (*)

Pewarta : M Abdul Basid (MG)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.