Berita

Fashion Show Unik di Gresik, Kala Ladang Diubah Jadi Arena Catwalk

Kamis, 08 April 2021 - 15:47
Fashion Show Unik di Gresik, Kala Ladang Diubah Jadi Arena Catwalk Fashion show oleh model yang juga siswi SMK Mambaul Ihsan Gresik (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, GRESIK – Lazimnya model fashion show berlenggak-lenggok di gedung dalam ruangan (Indoor). Namun hal berbeda dilakukan sebuah sekolah di Kabupaten Gresik Jawa Timur yang mengubah ladang praktik pertanian menjadi arena catwalk fashion show unik.

Ya, di SMK Mambaul Ihsan Kecamatan Ujungpangkah, Kamis (8/4/2021) pagi, sejumlah model memperagakan busana karya siswa dari Program Keahlian Tata Busana sebagai kompetensi syarat kelulusan.

Seorang peserta didik wajib membuat karya busana trendi mulai model muslim, batik, kebaya dan lain sebagainya. Untuk tahap pertama, busana mereka dicoba oleh model. Meski sulit, namun mereka tak kalah dengan model profesional.

"Agak sulit, karena biasanya memperagakan busana di dalam ruangan. Kali ini di luar ruangan apalagi di tengah ladang percontohan sekolah," kata Revinka Azzahra, salah satu model yang juga siswi SMK Mambaul Ihsan.

SMK-Mambaul-Ihsan-Gresik-2.jpg

Revinka menyatakan, ia memperagakan busana karya salah satu siswa. Dengan memakai daur ulang koran, gaun yang dipakainya sangat anggun. "Meski ribet, ini jadi pengalaman pertama memakai busana karya teman. Jadi bangga," ucapnya.

Kepala SMK Mambaul Ihsan Abid Nailur Ridho mengatakan meski baru pertama kali digelar, fashion show di tengah ladang ini terbilang sukses memamerkan karya busana para siswa.

"Ada penilaiannya di sana dari internal kami maupun eksternal. Ini agar siswa berkompeten. Biasanya kita fashion show di dalam ruangan, tapi karena kita memilki ladang percontohan lab pertanian jadi uji kompetensi di sini," terangnya.

Abid menyatakan, uji kompetensi merupakan salah satu syarat kelulusan. Siswa dituntut untuk membuat karya busana yang layak jual serta memiliki ciri khas tersendiri.

Dia pun berharap ke depan para siswi ini bisa lebih berkembang dan memiliki kompetensi andal sehingga sudah siap dalam menghadapi dunia kerja serta enterpreneurship (berwirausaha).

"Sehingga ke depan siswa sudah siap untuk memproduksi sendiri maupun siap kerja. Seluruh siswa kami sebelum lulus ada uji kompetensi sesuai keahlian," ujarnya.

SMK-Mambaul-Ihsan-Gresik-3.jpg

SMK Mambaul Ihsan dalam Naungan Pondok Pesantren

Pengasuh Ponpes Mambaul Ihsan, Nafisul Atok menceritakan di pondoknya terdapat sejumlah jenjang sekolah, diantaranya sekolah menengah kejuruan. Santri bebas memilih sesuai keahliannya.

Meski berada di lingkungan ponpes, para siswa juga ditempa oleh ilmu pengetahuan serta keterampilan. "Meski di lingkungan pondok pesantren, santri tak hanya belajar ilmu agama saja, namun terdapat ilmu pengetahuan umum serta keahlian," urainya.

Pria yang akrab disapa Gus Atok ini melanjutkan, di jenjang SMK tersedia kompetensi keahlian tata busana, pertanian tanaman pangan dan hortikultura, rekayasa perangkat lunak dan tata boga.

Selain itu, di lingkungan pondok juga ada balai pelatihan yang terintegrasi dengan melatih santri maupun masyarakat umum dalam mendapat keahlian desain grafis. "Jadi disini lengkap, semoga bermanfaat," tambah dia.

Sementara, para model fashion show unik ini mengenakan busana yang dibuat oleh Siswi Tata Busana SMK Mambaul Ihsan Kabupaten Gresik. Agar menarik, pihak sekolah sengaja mengubah ladang yang menjadi lab pertanian menjadi arena catwalk. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.