https://jatim.times.co.id/
Berita

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Genting Mojokerto Diresmikan 

Senin, 01 Juli 2024 - 15:09
Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Genting Mojokerto Diresmikan  Peresmian pembukaan jalur pendakian Gunung Penanggungan Via Genting, Desa Watonmasjedong, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MOJOKERTO – Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Genting diresmikan. Setidaknya 1.000 pendaki diberangkatkan menandai peresmian jalur baru di Desa Watonmasjedong, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto ini. 

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan pembukaan jalur pendakian gunung Penanggungan via Genting ini nantinya bisa menjadi sebuah upaya untuk mencintai dan melestarikan alam di Bumi Majapahit ini.

"Kegiatan ini sangat luar biasa, saya senang sekali karena warga Genting desa Wotanmasjedong ini bisa berkomitmen untuk bersama-sama menjaga lingkungan, karena pendakian itu untuk meningkatkan rasa cinta kita kepada alam," jelasnya, Senin (1/7/2024).

Selain itu, dengan memberangkatkan 1.000 pendaki, Ikfina juga berharap agar kedepannya ekonomi dan kesejahteraan warga sekitar bisa meningkat melalui elemen-elemen pendukung wisata.

"Harapannya, (jalur pendakian) juga akan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan khusunya warga dusun Genting, Desa Wotanmasjedong ini," ungkapnya.

Jalur pendakian via Genting ini sendiri berada di sebelah utara Gunung Penanggungan, dan pada rutenya melewati beberapa bangunan sejarah dan markah, seperti Candi Sengon, Candi Penanggungan, Candi Merak, Candi Pendowo, Candi Yudo, Candi Sinta dan Pohon Akar Seribu. Selain itu terdapat juga persimpangan rute yang menuju Gunung Bekel dan Gunung Gajah, kedua gunung yang berada di sekitar Gunung Penanggungan.

Tampak yang hadir mendampingi Bupati Mojokerto pada Peresmian Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Genting adalah Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Norman Kabupaten Mojokerto Norman Handito, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto Zaqqi, Camat Ngoro beserta Forkopimca Ngoro, dan Jajaran Pemerintah Desa Wotanmasjedong. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.