https://jatim.times.co.id/
Berita

Tim Medis UB-RSSA Malang Beri Penyuluhan Kesehatan di Mamuju

Selasa, 26 Januari 2021 - 21:18
Tim Medis UB-RSSA Malang Beri Penyuluhan Kesehatan di Mamuju EMT UB-RSSA Malang saat memberikan penyuluhan di Mamuju. (Foto: Humas UB)

TIMES JATIM, MALANG – Tim medis atau Emergency Medical Team (EMT) Universitas Brawijaya dan Rumah Sakit dr Saiful Anwar (UB-RSSA) Malang melakukan penyuluhan kesehatan kepada keluarga pasien tentang pola hidup bersih di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (26/1/2021).

Rombongan tim medis yang terdiri dari dokter dan perawat ini berangkat pada Kamis (21/1/2020) untuk kloter pertama, dan sehari kemudian menyusul Anggota tim lainnya.

EMT UB RSSA b

Penyuluhan tentang pola hidup bersih serta penyuluhan pentingnya imunisasi pada anak disampaikan oleh dr. Muhammad Irawan, Sp.A.

Perwakilan EMT UB-RSSA Malang, dr. Aurick Yudha Nagara, Sp.EM, mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini menyampaikan pentingnya perilaku sehat dengan mencuci tangan dan memakai masker.

"Ternyata di lingkungan RS sendiri yakni para penyintas dan penunggu pasien belum tersosialisasi dengan baik dan belum dilakukan dengan baik juga. Selain itu kami juga melakukan penyuluhan tentang pentingnya imunisasi dan menyusui pada bayi-bayi baru lahir,” kata Aurick.

Aurick menambahkan, saat ini tantangan terberat adalah pandemi Covid-19 selain bencana.

Bagaimana tim bisa secara tepat memastikan bahwa alur pelayanan terutama pasien yang patah tulang ataupun trauma tidak terindikasi Covid-19 juga menjadi tantangan tersendiri.

“Kondisi normal saja beberapa RS masih kelimpungan apalagi ini kondisi bencana,” ujarnya.

Ia menambahkan, sementara ini 30 persen pasien mengalami trauma, 50 persennya mengalami penyakit non trauma dan selebihnya penyakit lain.

Aurick mengatakan jika seandainya ada RS yang akan membantu ia menyarankan untuk mempersiapkan tim lengkap dengan khusus kasus trauma ortopedi dan spesialis kandungan karena EMT UB-RSSA mem-back up kurang lebih 5-6 persalinan per hari untuk SC termasuk juga Covid-19.

Sementara logistik berkaitan dengan alat kesehatan radiologi saat ini juga sangat dibutuhkan.

"Logistik yang dimaksud seperti kertas untuk print hasil USG, gel untuk USG, serta transduser antiseptic sterobac. Selanjutnya akan ada penguatan kapasitas untuk nakes di RSUD ini berkaitan dengan pengendalian infeksi, cara memakai dan melepaskan hazmat yang benar," tutup Aurick mewakili EMT UB-RSSA Malang yang turun melakukan kegiatan sosial di Mamuju. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.