https://jatim.times.co.id/
Berita

Hadiri Apel Akbar Fatayat NU, Gus Halim Tekankan Peran Fatayat dalam Pemberdayaan

Kamis, 23 Mei 2024 - 19:23
Hadiri Apel Akbar Fatayat NU, Gus Halim Tekankan Peran Fatayat dalam Pemberdayaan Kader Fatayat NU Kabupaten Malang berfoto bersama Gus Halim Iskandar dan Bupati Malang di sela Apel Akbar Harlah Fatayat NU ke-74 di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Kamis (23/5/2024). (Foto: Istimewa)

TIMES JATIM, MALANG – Peran penting organisasi perempuan Fatayat NU ditekankan Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar, saat menghadiri Apel Akbar Fatayat NU di Pantai Balekambang, Kamis (23/5/2024). 

Dalam kesempatan ini, Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa kunci dalam penyiapan generasi penerus bangsa berada di Fatayat. 

"Maka, penguatan dan pemberdayaan, serta semua yang menjadi program kerja Fatayat, baik nasional maupun kabupaten/kota, untuk segera diwujudkan melalui kegiatan yang kongkrit,” tandas Gus Halim, Kamis (23/5/2024).

Gus Menteri Halim juga mengapresiasi kiprah Fatayat NU Kabupaten Malang. Terlebih, karena dapat menggelar Apel Akbar dihadiri ribuan kadernya. 

Kader-Fatayat-NU-2.jpg

Menurutnya, Kabupaten Malang punya potensi yang sangat besar. Sehingga, penyiapan generasi mendatang sangat penting untuk diperhatikan dan ditangani bersama-sama. 

"Saya tekankan para kader Fatayat NU Kabupaten Malang, harus bisa berperan menghadapi permasalahan yang kita hadapi hari ini, untuk tahun-tahun ke depan, untuk generasi anak bangsa mendatang," tandasnya. 

Selain Gus Halim, Apel Akbar dalam rangka Harlah ke-74 Fatayat ini juga dihadiri Bupati Malang HM Sanusi, Ketua PP Fatayat NU Hj Margaret Aliyatul Maimunah, Anggota DPRD Jawa Timur sekaligus Pembina Fatayat NU Kabupaten Malang Hikmah Bafaqih, Ketua PC Fatayat NU Jatim Dewi Winarti.

Tampak hadir pula, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang H Kholiq dan Ketua PCNU Kabupaten Malang KH Hamim Kholili.

Bupati Malang Sanusi berharap momentum peringatan Hari Lahir ke-74 Fatayat NU ini bisa dijadikan titik tolak, untuk terus memperkuat persaudaraan serta meningkatkan kepedulian sosial.

Kegiatan Apel Akbar Fatayat NU dalam rangka Harlah ke-74 Fatayat NU dengan tema 'Maju Bersama, Menguat Bersama bagi Perempuan Indonesia menuju Peradaban Dunia' ini, dihadiri kurang lebih 2.000 kader dan pengurus Fatayat NU se-Kabupaten Malang.

Kepada TIMES Indonesia, Hikmah Bafaqih mengungkapkan, sesuai tema harlah ke-74 Fatayat NU, kader Fatayat NU semestinya lebih memikirkan pemberdayaan yang lebih maslahat. 

"Dalam konteks Kabupaten Malang, pemberdayaan perempuan (Fatayat) NU sudah saatnya lebih terukur capaiannya, dalam artian sisi kemanfaatan untuk banyak orang. Bahkan, mampu menorehkan warna bagi masyarakat global," tandas Hikmah. 

Dengan pemberdayaan dan kebersamaan, lanjutnya, perempuan NU ke depan tidak hanya bagaimana bisa mandiri dan cerdas, namun juga bisa membangun secara bersama-sama, untuk kebaikan bersama-sama. 

Kader-Fatayat-NU-3.jpg

Menurut Hikmah, hal ini sangat penting, mengingat kehidupan saat ini cenderung materialistis, dan banyak orang lebih mementingkan diri sendiri. 

"Kebersamaan saat ini kurang nyata dilakukan, lebih banyak slogan. Kehidupan yang keras, memicu orang bekerja sendiri, kaya dan sejahtera sendiri, dan pintar sendiri," ungkapnya. 

Karena itu pula, Fatayat NU lebih memilih bersama-sama untuk bisa terangkat derajat dan harkat martabatnya. 

"Dengan begitu, Fatayat NU bisa meraih derajat yang baik, baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun di mata Allah SWT. Menjadi perempuan inspiratif, membuat nyaman lingkungan dan kolega, juga memerankan tugas sebagai khalifah Allah SWT di muka bumi ini," kata  Hikmah Bafaqih memaknai tantangan Fatayat NU ke depan. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.