Berita

Kabar Baik, Arab Saudi Perbesar Kuota Umrah untuk Indonesia

Senin, 08 Agustus 2022 - 13:59
Kabar Baik, Arab Saudi Perbesar Kuota Umrah untuk Indonesia Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan telah membuka seluas-luasnya jumlah kuota jemaah umrah tahun 1444 H, khususnya dari Indonesia.

TIMES JATIM, MAKKAH – Kabar gembira datang dari Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan telah membuka seluas-luasnya jumlah kuota jemaah umrah tahun 1444 H, khususnya dari Indonesia.

Keputusan ini terungkap dari pertemuan Kementerian Agama RI bersama Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang membahas kebijakan penyelenggaraan ibadah umrah 1444 H di sela pelaksanaan haji 2022.

"Alhamdulillah, dari pertemuan ini kita mendapat kepastian bahwa Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi membuka seluas-luasnya jumlah kuota jemaah umrah tahun 1444 H, khususnya dari Indonesia," kata Direktur Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Nur Arifin seperti dikutip dari Antara, Rabu (3/8/2022). 

Terkait penerbitan visa, lanjut Arifin, prosesnya tidak lagi harus melalui provider visa di Indonesia. Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) kini bisa langsung bekerja sama dengan provider visa di Arab Saudi yang sudah diakui Kementerian Haji dan Umrah.

Begitu pula dengan masa berlaku visa umrah yang awalnya hanya sebulan, kini menjadi tiga bulan. Jamaah umrah juga dapat mengunjungi seluruh wilayah di Arab Saudi.

"Kebijakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi terkait dengan penerbitan visa umrah bagi jemaah umrah dari Indonesia masih tetap business to business," sambungnya.

Meski kuota ditambah, Arab Saudi masih akan menerapkan protokol kesehatan bagi jamaah umrah mengingat pandemi Covid-19 . Namun, kebijakan penerapannya berbeda-beda sesuai dengan zona yang telah ditentukan pemerintah Arab Saudi, yaitu hijau, kuning, dan merah.

"Saat ini Indonesia termasuk dalam zona hijau. Pemerintah Arab Saudi akan terus memantau perkembangan Covid-19 dan jika ada kebijakan-kebijakan baru terkait haji dan umrah akan segera disampaikan," katanya. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.