Berita

Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Sampah Dapur Jadi Pupuk Organik

Sabtu, 06 Maret 2021 - 12:12
Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Sampah Dapur Jadi Pupuk Organik Ilustrasi sampah dapur. (Foto: freepik.com)

TIMES JATIM, SURABAYASampah dapur selama ini bisa jadi penyumbang sampah terbanyak. Namun mulai sekarang jangan lagi membuangnya ke tempat sampah, karena sampah dapur bisa menjadi pupuk organik yang sangat bermanfaat bagi tanaman.

Berikut ini beberapa sampah dapur yang bisa digunakan sebagai pupuk dan cara mengelolahnya.

1. Kulit Bawang

kulit-bawang.jpgFOTO: Thrillist

Kulit bawang kaya akan Kalium, Magnesium, Fosfor dan Besi yang baik untuk pupuk ataupun pestisida organik. Cara membuat kulit bawang menjadi pupuk cukup mudah yakni rendam kulit bawang dalam air selama 24 jam, lalu saring. Cairan hasil saringan tersebut bisa langsung digunakan sebagai pupuk organik atau bisa juga sebagai pestisida nabati untuk mengusir hama

2. Kulit Pisang

Kulit PisangFOTO: Womantalk

Kulit Pisang kaya akan Potasium yang dibutuhkan oleh tanaman. Cara membuat kulit pisang menjadi pupuk yakni keringkan terlebih dahulu kulit posang dengan cara dijemur atau dioven, lalu hancurkan menjadi serpihan kecil. Jangan tambahkan air karena akan mengundang hama datang ke tanaman.

3. Kulit Jeruk

Kulit JerukFOTO: Hello Sehat

Kulit Keluarga jeruk-jerukan  kaya akan kandungan nitrogen. Cara mengolahnya agar bisa menjadi pupuk alami cukup difermentasi dengan cara masukkan sampah kulit jeruk kedalam botol lalu masukkan air dan gula. Diamkam selama 3 bulan. Setelah 3 bulan pupuk sudah siap digunakan.

4. Ampas Teh

ampas tehFOTO: 123rf

Ampas teh kaya akan kandungan nitrogen yang sangat dibutuhkan tanaman.  Cara membuat ampas teh agar bisa menjadi pupuk alamai yakni ambil ampas teh bekas yang sudah dibuat teh, taburkan ampas teh di sekitar tanaman.

5. Kulit Telur

kulit telurFOTO: Vivan Life Sciences

Kulit telur kaya akan unsur hara makro Kalsium. Jika akan digunakan sebagai pupuk alangkah baiknya rebus dulu kulit telur lalu hancurkan kukit telur agar mudah diserap tanaman. Kulit telur juga bisa sebagai mulsa atau bahan penutup tanah untuk menjaga kelembapan tanah.

6. Sampah Dapur Lainnya

Sampah Dapur 2Foto: freepik

Sampah dapur organik lainnya bisa diubah menjadi kompos. Sampah ini akan menghasilkan POC atau Pupuk Organik Cair atau yang biasa dikenal dengan lindih. Caranya cukup letakkan sampah di sebuah ember yang bawahnya telah dilubangi kemudian ember tersebut letakkan diember lain, siram dengan air gula, tunggu beberapa hari maka POC akan jadi dan siap disiramkan ke tanaman.

Itulah tadi cara mengelolah sampah dapur menjadi pupuk organik yang sangat bermanfaat bagi tanaman. Yuk tunggu apalagi. Mari mulai mencintai lingkungan dengan pengelolaan sampah secara cerdas. (*)

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.