Berita

Jelang Mudik Lebaran 2023, Harga Tiket Bus AKAP Terminal Arjosari Naik 100 Persen

Selasa, 28 Maret 2023 - 21:16
Jelang Mudik Lebaran 2023, Harga Tiket Bus AKAP Terminal Arjosari Naik 100 Persen Suasana Terminal Arjosari Kota Malang (FOTO: istimewa)

TIMES JATIM, MALANG – Menjelang masa Mudik Lebaran 2023, harga tiket bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) mengalami kenaikan yang cukup drastis. Kenaikan tersebut bisa mencapai 100 persen.

Bagi kalangan para pemudik, kenaikan harga tiket transportasi menjelang libur lebaran sudah menjadi hal yang cukup umum.

“Beberapa PO (Perusahaan Otobus) sudah ada yang mulai menaikkan harga. Harga tiket ke arah Jawa Tengah dan sekitarnya akan naik dari sebelum tanggal 21. Kalau ke arah kota-kota besar kayak Jakarta naiknya malah habis lebaran.” kata salah satu agen PO Rosalia Indah Terminal Arjosari Malang, Dimas Abdillah. 

Dimas juga mengungkapkan kenaikan harga tiket ini juga dibagi rata. Mulai dari kelas biasa, eksekutif, sleeper, hingga VIP. Meskipun harga tiket naik 2 kali lipat dibandingkan hari biasanya, kenaikan harga ini sudah menjadi kebiasaan di setiap masa mudik lebaran.

Banyaknya peminat menjelang cuti lebaran, pihak agen PO tentunya sudah mempersiapkan awak serta jumlah angkutan 2 kali lebih banyak dibandingkan hari biasanya demi memenuhi kuota.

“Tergantung peminatnya, kalau arus berangkat lebih banyak kita bisa menyiapkan yang biasanya cumas 5 bus, pas lebaran bisa jadi 10 atau 15,” paparnya. 

Dimas juga memberikan tips kepada calon penumpang agar bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah dibandingkan menjelang lebaran nanti. 

“Para penumpang diharapkan dapat membeli dari jauh-jauh hari kalau bisa 1 bulan sebelumnya, untuk menghindari kenaikan harga tiket maupun resiko kehabisan tiket.”

Mengingat para penumpang dominan berasal dari kalangan mahasiswa dan pekerja. Shafira Aisha, mahasiswi Ilkom UB memberikan pendapatnya terkait tips yang diberikan. Menurutnya, hal tersebut tidak dapat ia lakukan secara mudah, mengingat jadwal liburan terkadang masih belum pasti membuatnya lebih memilih membeli tiket dengan harga jauh lebih mahal menjelang hari keberangkatan.

“Sebenernya pengen pesen dari jauh hari juga, cuma kadang kan disini masih ada kegiatan yang belum selesai. Jadi ya nggak bisa pulang cepet. Kadang juga awalnya udah niat nggak pengen pulang, eh tiba-tiba menjelang hari H Lebaran pengen pulang,” ungkapnya. 

Pewarta : TIMES Magang 2024
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.