Berita

MPR RI Desak Presiden RI Jokowi Copot Menkeu RI Sri Mulyani

Selasa, 30 November 2021 - 16:24
MPR RI Desak Presiden RI Jokowi Copot Menkeu RI Sri Mulyani Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dalam konferensi pers, Selasa 30 November 2021 - (FOTO: SUMITRO/ TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JAKARTA – Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat RI (MPR RI) secara resmi menyampaikan keputusan hasil rapat internal kepada Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) terkait kinerja Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Keputusannya, MPR meminta kepada Presiden Jokowi untuk memecat Menkeu RI tersebut. 

"Kita minta Presiden memberhentikan dan mencopot Menteri Keuangan karena tidak etik dan tidak cakap dalam kinerjanya," tegas Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dalam konferensi pers di Nusantara III, Lantai 9, Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (30/11/2021).

Ia mengungkapkan, MPR secara umum kecewa dengan kinerja dan sikap yang dilakukan Sri Mulyani selama membantu Pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin di bidang keuangan. Salah satu poin yang sangat mengecewakan adalah karena Menkeu Sri Mulyani meremehkan dan menyepelekan MPR RI sebagai lembaga negara.

Hal itu terlihat dari sikap Menkeu Sri Mulyani yang beberapa kali membatalkan rapat secara sepihak meski sudah dilakukan janji sejak lama oleh MPR RI. Padahal, MPR RI sudah berusaha mencarikan waktu terbaik agar yang bersangkutan bisa hadir.

"Kita komunikasi sudah beberapa bulan yang lalu sekitar 3 bulan, tapi dia enggak anggap kita. Ini seperti menyepelekan sekali," tegas Fadel.

Fadel juga merasa selama menjabat sebagai Menkeu di kabinet Jokowi, Sri Mulyani tidak memiliki kinerja yang bagus. Ia mencontohkan bagaimana, pendapatan negara terus berkurang sementara utang terus bertambah.

Selain pinjaman bertambah, Menkeu RI juga disebutnya kerap berkonflik dengan menteri kabinet lainnya. "Jadi hal-hal itu sudah layak menjadi dasar untuk pencopotan Sri Mulyani," ucap Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad. (*)

Pewarta : Sumitro
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.