Berita

Pemkab Pamekasan Tambah Fasilitas Bantuan Modal Usaha Sebesar Rp 10 Miliar

Rabu, 27 Januari 2021 - 20:28
850
Pemkab Pamekasan Tambah Fasilitas Bantuan Modal Usaha Sebesar Rp 10 Miliar Plt Dinas Koperasi dan UMKM Pamekasan, Abdul Fata.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASANPemkab Pamekasan menambah fasilitas bantuan modal usaha Pemerintah sebesar Rp 10 miliar.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pamekasan, Abdul Fata menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya melahirkan 10 ribu Wirausaha Baru (WUB). Target tahun ini juga akan berupaya mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA).

Pihaknya menjelaskan bahwa  hal itu meruapakan bagian dari salah satu program yang menjadi prioritas kepemimpinan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

"Yang di offline, beliau Bupati Pamekasan, di berbagai pertemuan sering menyampaikan bahwa kita akan membentuk Wirausaha Melia Rakyat (Wamera)," tegas Abdul Fata, Rabu (27/1/2021).

Jadi produk yang akan dipasarkan itu akan dibentuk semacam toko. "Dan untuk fasilitasi pemasaran onlinenya, kami mengundang banyak instansi untuk bekerjasama dengan kita, dalam rangka memasarkan produk WUB," sambungnya.

Menurutnya, akan ada skema baru untuk fasilitas bantuan modal usaha yakni pemerintah akan menambah anggaran dana sebesar Rp 10 miliar pada 2021.

"Tahun 2020 kemarin, dana yang sudah disuntikkan ke WUB ini Rp 6 miliar, tetapi InsyaAllah ke depan ini ada rencana baru, ada tambahan sekitar Rp 10 miliar," imbuhnya.

Ia berharap program WUB di Pamekasan dapat dimaksimalkan oleh masyarakat stempat.

"Mudah-mudahan, dana yang disiapkan Pemkab Pamekasan dengan menunjuk Bank UMKM ini bisa ditangkap dengan baik oleh masyarakat, dan untuk pengajuannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari usaha tersebut," sambungnya.

Selain itu, Pemkab Pamekasan saat ini juga akan melakukan proses legalisasi dan izin merk, sehingga dari izin tersebut nantinya, produk yang dihasilkan dari WUB bisa bersaing dan berkompetisi di pasar bebas. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.