https://jatim.times.co.id/
Berita

Japan Youth Summit: Menggabungkan Pembangunan Berkelanjutan dan Nilai Tradisional

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:03
Japan Youth Summit: Menggabungkan Pembangunan Berkelanjutan dan Nilai Tradisional Masaaki Yoshikawa, Pendiri dan CEO Human Hub Japan Corp saat menghadiri Japan Youth Summit (3/7/2024). (FOTO: JYS)

TIMES JATIM, JAPANJapan Youth Summit 2024 baru-baru ini menjadi platform penting bagi para pemuda untuk mendiskusikan isu-isu global, termasuk pembangunan berkelanjutan. Salah satu pembicara utama dalam acara ini, Masaaki Yoshikawa, Pendiri dan CEO Human Hub Japan Corp.

Saat menjadi pembicara di Japan Youth Summit (3/7/2024) dirinya memberikan wawasan berharga tentang bagaimana nilai-nilai tradisional Jepang dapat berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 9.  Terutama yang berfokus pada industri, inovasi, dan infrastruktur.

Dalam presentasinya, Yoshikawa menyoroti bagaimana budaya konservasi Jepang telah mendorong inovasi di berbagai bidang, mulai dari teknologi lingkungan hingga perawatan kesehatan. Dirinya menjelaskan bahwa tradisi dan praktik budaya dapat menjadi sumber inspirasi yang kuat untuk inovasi modern.

Pria berkacamata tersebut menyoroti salah satu perusahaan yang menggunakan bahan-bahan tradisional untuk menciptakan produk makanan inovatif. Sydecas Inc. telah berhasil menggabungkan warisan kuliner Jepang dengan teknologi modern untuk menghasilkan produk yang tidak hanya lezat tetapi juga ramah lingkungan.

Selain itu, Yoshikawa juga menyoroti  salah satu perusahaan yang mengembangkan aditif rasa alami. Perusahaan tersebut telah menciptakan solusi untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan tidak sehat seperti gula dan garam, dengan tetap mempertahankan cita rasa yang diinginkan.

Pendekatan ini tidak hanya mendukung kesehatan konsumen tetapi juga menunjukkan bagaimana nilai-nilai tradisional Jepang dapat diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan pasar modern.

Yoshikawa menekankan bahwa pengusaha muda memiliki peran penting dalam memanfaatkan nilai-nilai budaya mereka untuk inovasi. Dalam penutupannya, ia menyampaikan seruan yang kuat kepada audiens muda.

Ia mendorong mereka untuk melihat ke dalam diri mereka sendiri dan menghargai nilai-nilai budaya serta preferensi estetika mereka sebagai sumber inspirasi.

“Ketika kita memulai bisnis, kita mulai dengan bertanya pada diri sendiri: Apa yang saya pikir keren? Apa yang ingin saya lakukan? Apa yang ingin saya pertahankan dan wariskan ke generasi berikutnya? Kepada siapa kita ingin berkontribusi?,” ungkap Yoshikawa kepada audiens.

Pesan Yoshikawa adalah panggilan bagi para pengusaha muda untuk tidak hanya mengejar keuntungan finansial tetapi juga mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan dari bisnis mereka. Dengan menghargai dan memanfaatkan nilai-nilai tradisional, mereka dapat menciptakan inovasi yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat dan planet ini.

Japan Youth Summit 2024 telah menunjukkan bahwa generasi muda memiliki potensi besar untuk memimpin perubahan positif di dunia. Dengan menggabungkan pembangunan berkelanjutan dan nilai-nilai tradisional, para pemuda dapat menciptakan masa depan yang lebih baik dan lebih seimbang. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.