Berita

Zona Merah Covid-19, Ponorogo Mulai Sabtu Ini Terapkan PPKM

Sabtu, 23 Januari 2021 - 10:41
Zona Merah Covid-19, Ponorogo Mulai Sabtu Ini Terapkan PPKM Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PONOROGO – Masuknya Kabupaten Ponorogo ke zona merah atau daerah dengan resiko tinggi penularan Covid-19, berujung mulai Sabtu (23/1/2021) hari ini diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai 4 Februari 2021.

Penerapan PPKM tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati nomor 713/23/405.01.3/2021. "Mulai hari ini akan kita terapkan PPKM di Ponorogo," ucap Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni Sabtu (23/1/2021).

Kata Ipong PPKM yang diterapkan di Ponorogo adalah jam malam yang semula pukul 21.00 WIB akan dimajukan  menjadi pukul 20.00 WIB. "Warung-warung atau toko yang semula buka sampai jam 21.00 -22.00 dimajukan jam 20.00. WIB.

Begitu pula aktifitas perkantoran akan dibatasi 25 persen saja. Sisanya diwajibkan work from home (WFH). Jam pelayanan juga dikurangi 1 jam," sebutnya.

Kata Ipong masyarakat yang akan masuk Ponorogo juga diwajibkan membawa rapid antigen. "Dengan begitu akses dan ruang gerak warga maupun pendatang dari luar daerah menjadi terawasi, dan itu penting untuk menekan penyebaran Covid-19," jelasnya.

Ini adalah kali kedua Kabupaten Ponorogo dikatagorikan zona merah Covid-19. "Saya sudah menduga kalau Ponorogo akan masuk zona merah, melihat kasus yang tidak pernah berhenti, sementara angka kesembuhan tidak berbanding lurus dengan penambahan kasus," imbuhnya.

Padahal menurut Ipong segala upaya telah dilakukan untuk menekan angka penularan Covid-19, mulai dari operasi yustisi, peniadaan sekolah tatap muka. "Namun kenyataannya Ponorogo menyusul daerah disekitarnya  masuk zona merah," ulasnya.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Mari kita jadikan budaya sehari-hari 3M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan hindari kerumunan agar terhindar dari penularan Covid-19," imbau Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni untuk warga Kabupaten Ponorogo jelang penerapan PPKM. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.