Berita

DPRD Bondowoso Minta RS Paru Jadi Lokasi Isoman

Sabtu, 31 Juli 2021 - 21:35
DPRD Bondowoso Minta RS Paru Jadi Lokasi Isoman Ilustrasi ruang isolasi (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Rumah Sakit (RS) Paru di Jalan Raya Jember-Bondowoso, disarankan menjadi tempat untuk isolasi mandiri (Isoman) Covid-19. Saran ini disampaikan DPRD Kabupaten Bondowoso, untuk mengurangi lonjakan kasus Covid-19.

Meski demikian, Juru bicara Satgas Covid-19 Bondowoso, Mohammad Imron mengatakan, untuk mengatifkan kembali RS Paru, pihaknya memperkirakan akan memakan waktu cukup lama. 

"Dengan harus memperbaiki di beberapa bagian terlebih dahulu. Sedangkan lonjakan pasien beberapa pekan kemarin sangat cepat,” jelasnya.

Maka dari itu, pihaknya mengambil keputusan untuk memanfaatkan lima puskesmas menjadi faskes khusus covid.

 "Dengan peralatan dan ketersediaan ruangan yang sudah siap dipakai," kata pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso tersebut.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Bondowoso, Ady Kriesna mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sempat rapat kerja dengan pihak RSUD dr Koesnadi dan Dinas Kesehatan. 

"Kami juga menyarankan membuka kembali RS Paru sebagai salah satu RS rujukan covid-19,” katanya.

Menurutnya, RS Paru digunakan untuk pasien covid-19 dengan beberapa persyaratan. Misalnya pasien bergejala berat.  Atau bisa dijadikan lokasi Isolasi Mandiri (Isoman) terpusat. 

"Hanya saja, barang kali pertimbangan satgas covid kabupaten berbeda dengan kami. Akhirnya, sementara ini difungsikan terlebih dahulu lima puskesmas jadi tempat rujukan covid,” jelasnya.

Lima puskesmas yang jadi rujukan covid, yakni Puskesmas Grujugan, Pujer, Wringin, Prajekan, dan Tamanan. 

Menurutnya, terpenting saat ini bagaimana caranya agar satgas kabupaten dapat mengurai lonjakan pasien covid. "Agar tidak menumpuk di satu tempat,” harap anggota DPRD Kabupaten Bondowoso.

Sementara di Bondowoso terdapat tiga RS yang  menjadi tempat rujukan covid, diantaranya RSUD dr Koesnadi Bondowoso, RS Mitra Medika, dan RS Bhayangkara. Namun demikian untuk RS Paru belum bisa digunakan.(*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.