Berita

Bupati Ponorogo Apresiasi Peluncuran Aplikasi Es Kopi Pahit

Sabtu, 09 Desember 2023 - 08:21
Bupati Ponorogo Apresiasi Peluncuran Aplikasi Es Kopi Pahit Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PONOROGOBupati Ponorogo Sugiri Sancoko memberikan apresiasi kepada Kantor Inspektorat Pemkab Ponorogo yang telah meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Hasil Pengawasan Inspektorat (Es Kopi Pahit).

“Tentu melalui aplikasi ini diharapkan ada pelayanan yang lebih baik, yakni adanya bimbingan dalam sistem pengelolaan keuangan mulai tingkat Kabupaten, Desa, serta Kelurahan,” kata Bupati Sugiri Sancoko, Jumat (8/12/2023) malam.

Menurutnya, aplikasi tersebut sebagai upaya peningkatan akuntabilitas kemajuan teknologi informasi. "Maka penggunaan aplikasi ini dapat dipilih sebagai bagian dari upaya mempermudah pengawalan dan pengawasan terhadap daerah. Sehingga akan tercipta tata kelola yang baik dan bersih," ujar Bupati Sugiri Sancoko.

Sementara Kepala Inspektorat Pemkab Ponorogo Imam Bashori kepada TIMES Indonesia mengungkapkan, peluncuran aplikasi sistem hasil konsultasi inspektorat berbasis humanis ini mempunyai peran penting sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), dengan tujuan untuk melakukan konsultasi di bidang teknis bagi unit perangkat daerah maupun instansi lainnya.

Imam-Bashori.jpgImam Bashori Kepala Kantor Inspektorat Pemkab Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

"Aplikasi ini dapat memudahkan pemeriksaan obyek dalam melakukan konsultasi serta memberikan manfaat, baik secara internal maupun eksternal inspektorat yang ingin mendapatkan layanan konsultasi pemeriksaan," ungkap Imam Bashori.

Lebih lanjut Imam Bashori menjelaskan, adanya Aplikasi Es Kopi Pahit diharapkan dapat mendorong kemajuan penyelesaian rekomendasi temuan hasil pengawasan inspektorat.

“Aplikasi ini juga sebagai salah satu indikator kinerja inspektorat dalam mewujudkan transparansi efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas pengawasan internal,” jelas Kepala Inspektorat Pemkab Ponorogo, Imam Bashori. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.