https://jatim.times.co.id/
Berita

Pelantikan Panwaslu Desa dan Kelurahan, Ketua Bawaslu Ponorogo: Bekerja Sesuai Aturan

Minggu, 05 Februari 2023 - 17:37
Pelantikan Panwaslu Desa dan Kelurahan, Ketua Bawaslu Ponorogo: Bekerja Sesuai Aturan Sebanyak 307 anggota Panwaslu Kelurahan dan Desa se Ponorogo dilantik dan diambil sumpahnya untuk pelaksanaan Pemilu 2024. (Foto: Marhaban/ TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PONOROGO – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ponorogo M Syaifulloh menginstruksikan anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) harus bekerja sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami instruksikan kepada PKD bekerjalah sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku, baik itu UU nomor 7 tahun 2017 maupun PKPU maupun Perbawaslu," kata M Syaifulloh saat memberikan amanat usai pelantikan PKD di Gedung PGRI Ponorogo Minggu (5/2/2023).

Menurut M Syaifulloh, PKD sekarang bukan menjadi masyarakat biasa sehingga harus netral dari segi sikap, perkataan hingga perbuatan yang dilakukan.

Sebagai ujung tombak Bawaslu, M Syaifulloh mengingatkan bahwa anggota PKD harus bekerja penuh integritas dan profesionalitas agar tercipta Pemilu yang berkualitas, berintegritas, bersih, transparan, umum,  bebas, langsung, jujur, dan adil sehingga terwujud Indonesia yang kuat dan bermartabat.

Bupati-Ponorogo.jpg

Sementara Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang hadir dalam pelantikan anggota PKD se Ponorogo, juga mengingatkan agar anggota PKD yang baru dilantik dan diambil sumpahnya dapat melaksanakan tugasnya sebagai pengawas dalam menciptakan Pemilu 2024 yang demokratis, berintegritas, serta memiliki tingkat  kepercayaan yang tinggi di mata masyarakat.

"Saya berharap anggota PKD yang baru dilantik ini dapat memahami tugas dan peranannya," ujar Bupati Sugiri Sancoko.

Selain itu Bupati Sugiri Sancoko juga mengingatkan PKD adalah ujung tombak pengawas kita di tingkat kelurahan dan desa, oleh karena itu bekerjalah dengan mengedepankan profesionalitas.

"Pengawas Pemilu adalah tonggak demokrasi bangsa dalam mengawal proses Pemilu. Sekali saya berharap kepada PKD dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya  serta menjaga kode etik, dan bekerja secara profesional sebagai penyelenggara Pemilu," kata Bupati Sugiri Sancoko.

Bupati-Ponorogo-a.jpg

Selain Bupati Sugiri Sancoko, acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PKD se Kabupaten Ponorogo juga dihadiri Ketua DPRD Ponorogo Sunarto, Ketua KPU Ponorogo Munajat, Ketua Bawaslu Ponorogo M Syaifulloh, Forkopimda Ponorogo, beberapa Kepala OPD Pemkab Ponorogo, dan 307 anggota PKD se Ponorogo.

Setelah dilantik, sebanyak 307 anggota PKD langsung mengikuti bimbingan teknis untuk pelaksanaan Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Ponorogo. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.