https://jatim.times.co.id/
Berita

Ipuk Dorong Peran Vital Orang Tua dalam Pendidikan Generasi Alpha

Kamis, 05 September 2024 - 22:26
Ipuk Dorong Peran Vital Orang Tua dalam Pendidikan Generasi Alpha Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani foto bersama orang tua hebat. (Foto : Muhamad Ikromil Aufa/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, memberikan dorongan dan apresiasi kepada orang tua dalam upaya mendidik generasi alpha di era teknologi.

Ipuk mengungkapkan betapa pentingnya peran orang tua dalam mendidik generasi penerus bangsa di era dunia yang sangat bersahabat dengan teknologi. Sekolah orang tua hebat (SOBAT) sangat bermanfaat bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana kita mendidik dengan benar anak kita sesuai dengan zamannya.

“Ayah bunda, anak-anak kita adalah masuk di generasi alpha dan mereka lahir di era dunia yang bersahabat dengan teknologi informasi yang berkembang atau digitalisasi,” kata ipuk dalam sambutannya pada acara wisuda Sobat, Kamis (5/9/2024).

Ipuk berpesan agar orang tua tetap konsisten mendampingi putra-putrinya agar bisa selamat dan juga bisa menjadi anak hebat di tengah maraknya peredaran narkoba.

“Narkoba saat ini sudah menjarah sampai kelini terkecil, yaitu keluarga. Narkoba sudah bertransformasi tidak hanya berbentuk pil atau serbuk, tetapi ada yang berbentuk permen bahkan snack,” imbuhnya.

Orang nomor satu di bumi blambangan ini juga menekankan bahwa keberhasilan pendidikan anak bukan hanya tanggung jawab sekolah, tetapi merupakan kolaborasi antara sekolah dan keluarga. Ia berharap, melalui program ini, orang tua dapat lebih memahami tantangan dan kebutuhan anak-anak mereka serta lebih siap untuk memberikan dukungan yang diperlukan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno mengatakan, program sekolah orang tua hebat angkatan pertama ini diikut lebih dari 7 ribu peserta se-Kabupaten Banyuwangi dari jenjang paud, SD, dan SMP.

“Hari ini sebanyak 2.945 peserta yang diwisuda dari 7 kecamatan, diantaranya Kecamatan Banyuwangi, Kabat, Kalipuro, Wongsorejo, Glagah, Giri, dan Licin,” katanya.

Acara wisuda ini juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan diantaranya hadrah, gandrung dan musik orgen. Para orang tua yang telah menyelesaikan pelatihan ini mendapatkan sertifikat sebagai tanda penghargaan atas komitmen dan usaha mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga.

Perlu diketahui, SOBAT merupakan salah satu bentuk kemitraan antara satuan pendidikan dan orang tua dalam memberikan pengetahuan, sikap maupun keterampilan kepada orang tua, agar pendidikan, pendampingan dan pengasuhan yang diperoleh anak di rumah selaras, saling mendukung, saling menguatkan dengan yang diperoleh di satuan pendidikan, maupun sebaliknya.

Sekolah orang tua hebat diharapkan memiliki dampak pada peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan baru dari semua orang tua yang anaknya berada di satuan pendidikan. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.