Berita

Penghuni Bhakti Luhur Dinyatakan Reaktif, Dinkes Kota Malang: Belum Status Positif Covid-19

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:43
Penghuni Bhakti Luhur Dinyatakan Reaktif, Dinkes Kota Malang: Belum Status Positif Covid-19 Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif saat ditemui awak media di depan panti asuhan yayasan Bhakti Luhur, Rabu (03/03/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Kasus klaster panti asuhan yayasan Bhakti Luhur menghebohkan masyarakat Kota Malang. Pasalnya setelah dilakukan swab antigen secara masal terdapat 170 penghuni panti dinyatakan reaktif Covid-19. Kepala Dinkes Kota Malang menegaskan 170 penghuni tersebut yang berkategori reaktif Covid-19 setelah dilakukan swab antigen dipastikan bukan masuk data positif Covid-19 di Dinkes Kota Malang.

"170 itu positif swab antigen. Datanya masuk di Dinkes, sehingga nanti mungkin masuk ke data suspek atau masuk ke probable," ujar Husnul, Rabu (03/03/2021).

Husnul menjelaskan untuk terkonfirmasi positif Covid-19 itu hasil dari tes PCR. Jika masuk dalam tes swab antigen, masuk dalam kategori reaktif Covid-19.

"Kalau terkonfirmasi positif itu hasil tes PCR. Nanti ada beberapa kriteria di KMK (Kementerian Kesehatan) baru 446 tahun 2021, terkait ketersediaan fasilitas pemeriksaan," jelasnya.

Untuk 16 orang yang di bawa ke RS Lapangan Idjen Boulevard, lanjut Husnul, itu pun juga masih dalam kategori reaktif Covid-19. Akan tetapi, gejala batuk yang di alaminya tak kunjung sembuh dan di pastikan bisa melakukan isolasi sendiri tanpa didampingi pengasuh.

"Jadi kalau yang difabel itu tidak bisa sendirian. Ke kamar mandi harus diantar, pakai kursi roda juga dan harus didampingi setiap saat. Maka itu dilakukan isoman (isolasi mandiri) disini (panti asuhan)," ungkapnya.

Untuk pelaksanaan tes selanjutnya, kata Husnul nanti akan selalu dievaluasi secara bertahap dan terus dilakukan pemantauan secara ketat guna meminimalisir penambahan kasus di klaster baru tersebut.

"Kita akan evaluasi lagi semuanya secara klinis. Nanti kita bertahap dan periodik untuk melakukan swab antigen lagi," ucap Kepala Dinkes Kota Malang tentang kondisi reaktif penghuni yayasan Bhakti Luhur.

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.