Berita

Jalur Lintas Selatan Tahap Dua Via Kondangmerak di Kabupaten Malang Mulai Mulus

Jumat, 18 Juni 2021 - 16:57
Jalur Lintas Selatan Tahap Dua Via Kondangmerak di Kabupaten Malang Mulai Mulus Kondisi JLS Tahap Dua Via Kondangmerak di Kabupaten Malang yang sudah mulai mulus. (Foto : Akun Facebook Suad Zafjava).

TIMES JATIM, MALANG – Kondisi terkini pembangunan Jalur Lintas Selatan Tahap Dua Via Kondangmerak di Kabupaten Malang saat ini sudah mulai teraspal mulus.

Nantinya Jalur Lintas Selatan Tahap Dua yang mulai dari Kecamatan Bantur, hingga Kecamatan Donomulyo, akan tembus Kabupaten Blitar yang akan menghubungkan JLS di tempat tersebut.

Dari foto yang berhasil didapatkan, kondisi Jalur Lintas Selatan Tahap Dua Via Kondangmerak di Kabupaten Malang tersebut sudah tampak mulus dan tinggal melanjutkan di sisanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (PUBM) Kabupaten Malang, Romdhoni mengatakan, saat ini progress pembangunan Jalur Lintas Selatan Tahap Dua Via Kondangmerak sudah mencapai lebih dari 60 persen.

“Kurang sekitar empat hingga lima kilo meter lagi, tapi itu masih belum sampai perbatasan Kabupaten Blitar,” ujarnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (18/6/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, masih ada kemungkinan pengerjaan jalan tersebut bakal molor. Mengingat saat ini banyak penundaan anggaran yang terjadi. Baik di kalangan pemerintah pusat maupun daerah.

Kondisi JLS Tahap Dua Via Kondangmerak a

Kondisi JLS Tahap Dua Via Kondangmerak di Kabupaten Malang yang masih sepi. (Foto : Akun Facebook Suad Zafjava).

“Kemarin informasinya anggaran pembangunan Jalur Lintas Selatan di Kementerian PUPR RI termasuk di Kabupaten Malang juga mengalami reschedule, tapi saat ini sudah jalan lagi,” tuturnya.

Menurutnya, bahwa beberapa waktu lalu, sempat terjadi perubahan trase atau garis tengah Sumbu jalan yang merupakan garis lurus saling terhubung dengan Peta Topografi.

“Akhirnya memerlukan untuk meminta izin kembali kepada perhutani untuk menggunakan lahan yang lain,”  terang mantan Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang tersebut.

Namun meski begitu dia berharap proyek tersebut bisa segera selesai. Karena apabila sudah finishing, akan banyak hal lanjutan yang bisa segera dilakukan pula.

Kondisi JLS Tahap Dua Via Kondangmerak b

Kondisi JLS Tahap Dua Via Kondangmerak di Kabupaten Malang yang sudah mulai mulus. (Foto : Akun Facebook Suad Zafjava).

Contohnya yakni perbaikan jalan dari Kecamatan Bantur hingga Jalur Lintas Selatan yang saat ini rusak dan belum bisa diperbaiki hingga proyek Jalur Lintas Selatan selesai. “Meskipun targetnya Februari, namun kalau bisa selesai sebelum itukan lebih baik,” urainya.

Sedangkan untuk total panjang Jalur Lintas Selatan Tahap Dua Via Kondangmerak Kabupaten Malang kata dia kurang lebih 23 kilometer. Sedangkan sisanya terus dikebut agar segera bisa digunakan.

"Jalur Lintas Selatan ini merupakan program pemerintah pusat yang nantinya akan menghubungkan hingga Provinsi Banten dengan harapan akan meningkatkan perekonomian dan pembangunan wilayah Malang Selatan," sebutnya.

Apabila Jalur Lintas Selatan Tahap Dua Via Kondangmerak di Kabupaten Malang ini selesai kata dia, maka akan menggeliatkan destinasi wisata pantai di Malang selatan. (*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.