Berita

Kaburnya Tiga Tahanan Polsek Balongbendo Sidoarjo Diduga Sudah Lama Direncanakan

Rabu, 01 Desember 2021 - 14:22
Kaburnya Tiga Tahanan Polsek Balongbendo Sidoarjo Diduga Sudah Lama Direncanakan Kondisi ruang tahanan yang dilubangi ketiga tahanan. (Foto: Polsek Balongbendo)

TIMES JATIM, SIDOARJO – Sangkalan sebagai berita Hoaks atau tidak benar terkait dugaan kaburnya tiga tahanan Polsek Balongbendo yang dikeluarkan pihak Polresta Sidoarjo ternyata berbanding terbalik dari keterangan sejumlah saksi yang mengetahui kejadian tersebut.

Bahkan salah satu saksi yang ditemui sejumlah jurnalis membenarkan jika ketiga tahanan kabur dengan melubangi tembok penjara Polsek Balongbendo pada Minggu (28/11/2021) malam itu.

Tak hanya itu saksi pun mengetahui jika penangkapan tahanan kabur dilakukan di kawasan Banyuwangi beberapa jam setelah mereka kabur dan dilakukan pengejaran oleh petugas Kepolisian.

Polsek Balongbendo 2

"Ditangkap di Banyuwangi kok yang kabur itu. Rencana kabur tahanan itu memang direncanakan lama, bahkan mereka sempat mengajak tahanan lain untuk kabur dari tahanan Polsek Balongbendo, tetapi mereka (tahanan lain) tidak mau," kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya ini saat ditemui jurnalis, Rabu (1/12/2021).

Dia pun menambahkan jika ketiga tahanan yang diduga kabur itu saat ini tidak berada di Polsek Balongbendo. "Kalau tahanan lain yang tidak kabur, masih ada di ruang tahanan Polsek. Yang tiga itu tidak ada, mungkin dipindahkan ke Polresta Sidoarjo," imbuhnya.

Dari informasi, tiga tahanan yang kabur adalah DDA (29) warga Dusun Sumotuwo 23/03 Desa Sumokembangsri Balongbendo, yang terjerat perkara narkotika, AW (33) warga Dusun  Penambangan 18 04 Desa  Penambangan Balongbendo, yang terjerat perkara pencurian kawat dan LNN (20) warga Desa Manufui Biboki Timor Tengah Utara NTT yang terlibat dalam kasus pengeroyokan.

Ditanya soal kebenaran informasi itu, saksi tersebut menegaskan benar ketiga orang itu yang kabur dari tahanan Polsek Balongbendo.

"Aneh tembok tahanan itu tebal, kok bisa mereka lubangi tembok tahanan. Apa mungkin mereka punya Ilmu. Yang aneh lagi kan ada petugas yang jaga saat itu. Tapi mungkin mereka tidak dengar saat mereka lubangi tembok tersebut ," kelakarnya.

Sementara dugaan 3  tahanan kabur dari penjara Polsek Balongbendo Sidoarjo yang terjadi pada Minggu (28/11/2021) malam kemarin dibantah oleh Kasatreskrim Polresta Sidoarjo, AKP Oscar Stefanus Setja. 

Oscar menegaskan informasi tahanan kabur itu tidak benar. "Tidak benar itu," jawab singkat Oscar via sambungan Whatsapp pribadinya.

Tak hanya itu, Oscar pun mengungkapkan  jika itu adalah berita hoaks. "Hoaks itu," jawab Oscar saat ditanya sejumlah jurnalis di grup Whatsapp.

Di akhir pesan Oscar pun menegaskan,"Yang jelas TSK An DDA (29), AW (33) & LNN (20) lg bobok di dalam Sel..." 

Sementara itu salah satu keluarga tahanan DDA kepada jurnalis menegaskan jika pihak keluarga tidak tahu kemana kaburnya tahanan yang terjerat kasus narkoba tersebut.

Polsek Balongbendo 23

"Hari Selasa kemarin keluarga jenguk di penjara Polsek Balongbendo. Kita tidak tahu dia kabur kemana. Keluarga tahunya dia kabur dari pemberitaan media. Saat ini pihak keluarga berusaha mencari keberadaannya yang katanya sudah tertangkap lagi itu," ujarnya. 

Pihak keluarga juga akan menanyakan ke pihak Polsek Balongbendo terkait nasib DDA. "Hingga saat ini pihak keluarga belum mendapat pemberitahuan serta informasi terkait nasib maupun keberadaan DDA," ungkap salah satu keluarga korban Selasa, (30/11/2021).

Dua dari tiga tahanan yang diduga kabur dari Polsek Balongbendo tersebut berkas kasusnya sudah dinyatakan lengkap atau P21. Ketiga tersangka akan mendapatkan tambahan pasal melanggar hukum. Dan dipastikan akan lebih lama lagi mendekam di penjara karena melarikan diri. (*)

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.