https://jatim.times.co.id/
Berita

Reno Halsamer Sukses Ciptakan Animasi Minilemon, Gabungkan Lemon dan Topeng Artefak Nusantara 

Selasa, 15 Oktober 2024 - 13:46
Reno Halsamer Sukses Ciptakan Animasi Minilemon, Gabungkan Lemon dan Topeng Artefak Nusantara  Karakter Minilemon.(Dok.d'Topeng Kingdom Group)

TIMES JATIM, SURABAYAMinilemon, film animasi berbentuk buah lemon lucu berwarna kuning tengah mencuri perhatian anak-anak. Reno Halsamer, sang penggagas, mendobrak dunia animasi digital dengan menyelipkan nilai-nilai kearifan luhur bangsa. 

Minilemon mengangkat kisah keseharian enam sahabat sepermainan. Ada Memey, Ucup, Slamet, Minggus, Bibie, Togar dan Wayan. Karakter Bibie dibuat khusus sebagai bentuk kekaguman dan penghormatan akan mendiang Bapak Teknologi Indonesia Prof B.J Habibie.

"Semua tokoh dapat menginspirasi anak-anak agar menjadi generasi berbudi pekerti luhur dan menguasai teknologi untuk kemajuan Indonesia," terang Reno Halsamer, Selasa (15/10/2024).

Reno-Halsamer.jpgReno Halsamer, Founder PT Minilemon Media Indonesia yang berada di bawah naungan d'Topeng Kingdom Group.(Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Kisah bermula ketika seorang seniman pembuat topeng dan kolektor ribuan artefak topeng bernama Kakek Djoyo, tertidur dan bermimpi berada di sebuah desa lemon yang indah. Ia ditemani enam buah topengnya yang terlihat berbadan lemon. 

"Kakek Djoyo lalu memberi nama mereka Minilemon," kisah Reno.

Dalam mimpinya, Kakek Djoyo melihat kondisi dunia saat ini. Ia sedih, bahwa peradaban adi luhung bangsa warisan leluhur mulai luntur. Kemudian sang kakek berpesan kepada seluruh Minilemon untuk berpetualang ke penjuru Nusantara. Tugas utama mereka adalah menyebarkan nilai-nilai kebaikan untuk anak-anak Indonesia.

Tentu saja, kisah ini merupakan imajinasi Reno Halsamer dan sebuah cita-cita mulai menjaga kelestarian adab budaya. 

PT Minilemon Media Indonesia yang berada di bawah naungan d'Topeng Kingdom Group milik Reno Halsamer, menjadi dapur pengolahan proses penciptaan karya digital tersebut. 

Reno, mengawali pembuatan Minilemon bukan tanpa alasan. Ia sadar akan sederet persoalan bangsa yang mendasar dan pentingnya menghadirkan hiburan edukatif serta inspiratif bagi anak-anak Indonesia demi menjaga ketahanan nasional.

Seperti nilai toleransi, hormat kepada orang tua, gotong royong, peduli lingkungan hidup maupun cinta kepada bangsa dan negara. Nilai-nilai diperkenalkan mulai dari lingkungan keluarga melalui kisah-kisah dalam Minilemon. 

Sementara saat ini, kata Reno, hiburan informasi di media mainstream dinilai sangat minim. Karya anak bangsa ini diharapkan menjadi angin segar bagi para orang tua yang ingin memberikan hiburan edukatif kepada putra-putri mereka. 

"Kami menciptakan good character anak bangsa melalui Minilemon untuk mempersiapkan generasi muda dan anak-anak yang tangguh, cinta tanah air dengan membawa nilai-nilai kebaikan serta budaya yang merupakan warisan yang selalu kita banggakan," kata Reno yang dinobatkan sebagai Bapak Minilemon.

Pegiat museum seni yang lahir di Surabaya itu menambahkan, karakter Minilemon mengombinasikan topeng koleksinya dan buah lemon. Ia mengagumi keindahan artistik seni topeng yang merupakan artefak orisinil leluhur Bangsa Indonesia. Topeng juga diharapkan mampu mewakili karakter wajah masyarakat Indonesia. Sementara lemon kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

"Wajah-wajah dalam karakter Minilemon adalah bentuk topeng koleksi saya," ujar kolektor benda kuno tersebut.

Reno menggandeng Heriyadi Natawijaya dalam proses pembuatan Minilemon. Hadi dikenal sebagai sutradara iklan, video klip dan animasi sejak 2009. 

Minilemon dibuat pada 2015 dan terus mengalami penyempurnaan dari tahun ke tahun sampai berbentuk karakter tiga dimensi.

"Kita butuh waktu satu tahun setengah sampai kita bongkar pasang dan sekarang kita punya tim yang digawangi anak-anak muda hebat dan memiliki rasa cinta terhadap Minilemon," ujar pendiri Akademi Animasi Digital "Minilemon Movie" di Yogyakarta ini penuh kebanggaan.

Dari sanalah, Minilemon yang bisa ditonton di aplikasi TV berlangganan seperti Netflix, Vidio, AppStore dan PlayStore itu, bisa dinikmati oleh seluruh kalangan mulai anak-anak usia dini sampai usia 14 tahun hingga orang tua.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.