https://jatim.times.co.id/
Berita

Pilkada 2024 Ponorogo, Survei ARCI: Elektabilitas Sugiri Sancoko Tak Terbendung

Senin, 06 Mei 2024 - 09:25
Pilkada 2024 Ponorogo, Survei ARCI: Elektabilitas Sugiri Sancoko Tak Terbendung Baihaki Siradj, Direktur ARCI saat menyampaikan hasil survei Pilkada Ponorogo 2024. (FOTO: Elno/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PONOROGO – Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei Pilkada 2024 untuk wilayah Kabupaten Ponorogo.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut, Metode Stratified Multistage Random dalam surveinya memakai simulasi 5 nama.

Dari simulasi diperoleh hasil yakni Sugiri Sancoko memperoleh nilai 56,2 persen, kemudian Supriyanto 13,6 persen, Ibnu Multazzam 11,9 persen, Ipong Muchlissoni 10,1 persen, Lisdyarita 4,7 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab 3,5 persen.

"Survei Sugiri Sancoko unggul jauh dari nama-nama lain. Sampai saat ini usai gelaran Pileg dan Pilpres 2024, survei tidak tertandingi di Ponorogo," kata Baihaki Siradj selaku Direktur ARCI, Senin (6/5/2024).

Lebih lanjut, Baihaki menyampaikan, pihaknya menggunakan sampling 1200 responden di 21 Kecamatan dengan margin of error 2,8 persen.

Survei dilakukan pada periode 23 – 29 April 2024 dan hari ini dirilis. Hasilnya, Sugiri Sancoko memperoleh nilai tertinggi jika Pilkada diselenggarakan saat ini.

Sedangkan jika memakai simulasi dua nama, Sugiri Sancoko vs Ipong Muchlissoni, Baihaki Sirajt mengatakan Petahana masih unggul 59,3 persen, sedangkan Ipong Muchlissoni 19,4 persen. "Dan yang tidak tahu atau tidak menjawab 21,2 persen,” ucapnya.

Lebih lanjut, Baihaki Sirajt menjelaskan bahwa saat ini belum ada pergerakan dari penantang petahana.

“Angka ini terjadi saat belum ada pergerakan dari Calon-calon penantang Bupati Ponorogo petahana (Sugiri Sancoko). Jika terjadi pergerakan maka angka tersebut bisa jadi berubah,” ujarnya.

Kemudian Baihaki juga menambahkan surveinya tentang pendidikan, kesehatan, pelayanan publik dan pembangunan infrastruktur. “Secara umum, kinerja Bupati Petahana cukup diapresiasi oleh masyarakat Ponorogo," tukasnya.

Perlu diketahui, Pilkada 2024 di Kabupaten Ponorogo akan digelar pada 27 November 2024 mendatang, serentak di 38 Kota/Kabupaten di Jawa Timur, juga Pilgub di Jawa Timur. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.