https://jatim.times.co.id/
Berita

PHPU Selesai, KPU Situbondo Tetapkan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih

Rabu, 31 Juli 2019 - 09:43
PHPU Selesai, KPU Situbondo Tetapkan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Penandatanganan berita acara oleh para saksi dan KPU Situbondo dalam penetepan perolehan kursi dan calon terpilih pada Pemilu 2019. (Foto: Uday/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SITUBONDOKPU Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih hasil Pemilu anggota DPRD Situbondo tahun 2019. Ini setelah proses Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dinyatakan final dan selesai.

"Dasar regulasi kami untuk melakukan penetapan adalah PKPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang penetapan paslon terpilih dan perolehan kursi," kata Ketua KPU Situbondo, Marwoto dalam acara Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Hasil Pemilu Anggota DPRD Situbondo, Selasa (30/7/2019) malam.

Dalam menentukan jumlah kursi, kata Marwoto, KPU menggunakan metode Sainte Lague untuk menghitung suara. Berbeda dengan Pemilu 2014 yang menggunakan metode Bilangan Pembagi Pemilih (BPP).

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat alokasi tertinggi yakni 13 kursi dari seluruh daerah pemilihan (Dapil). PPP berada di urutan kedua dengan sembilan kursi. Gerindra enam kursi, Golkar dan Demokrat sama-sama mendapat alokasi lima kursi, PDIP 4 kursi, PKS dua kursi dan Hanura 1 kursi.

Marwoto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang bersinergi untuk menyukseskan Pemilu 2019, khususnya kepada Bawaslu Situbondo. Dan berharap bisa menyelenggarakan Pemilu yang lebih baik lagi pada Pemilukada Situbondo pada 2020.

"Kami berharap, ini adalah tahap akhir dari proses pemilu 2019. Dan Kami berharap, pemilu 2019 ini bisa menjadi pembelajaran bagi kami untuk dapat menyelenggarakan pemilu lebih baik lagi," tegas Marwoto.

Hadir dalam acara yang diselenggerakan oleh KPU Situbondo yakni Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih 2019, Bawaslu, seluruh pengurus partai politik, media dan Forkopimda Situbondo. (*)

Pewarta : Fathullah Uday
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.