https://jatim.times.co.id/
Berita

Komposisi Pimpinan DPRD Banyuwangi Hampir Final

Kamis, 12 September 2024 - 20:37
Komposisi Pimpinan DPRD Banyuwangi Hampir Final Michael Edy Hariyanto SH, MH, kembali menduduki kursi pimpinan DPRD Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Komposisi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi periode 2024-2029 hampir final. Hal ini setelah tiga dari empat partai yang memperoleh jumlah suara terbesar di Bumi Blambangan mengumumkan nama-nama kadernya yang akan mengisi posisi penting di legislatif.

Ketiga partai tersebut adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, dan Partai Golongan Karya (Golkar). Masing-masing partai telah menetapkan calon wakil ketua DPRD, sementara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) masih belum mengumumkan nama pimpinan definitifnya.

PKB telah memutuskan untuk menempatkan Siti Mafrochatin Ni’mah sebagai Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, sedangkan Partai Demokrat memilih Michael Edy Hariyanto untuk posisi yang sama, Golkar menetapkan Ruliyono sebagai Wakil Ketua DPRD Banyuwangi.

“SK tiga rekom Pimpinan DPRD Banyuwangi sudah masuk ke Sekretariat Dewan (Setwan). Tinggal PDI Perjuangan yang belum turun,” kata Michael, Kamis, (12/9/2024). 

Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi ini menjelaskan, setelah pimpinan definitif lengkap, DPRD Banyuwangi akan mengirimkan SK penetapan pimpinan ke Gubernur Jatim.

“Baru setelah itu kami akan membentuk alat kelengkapan dewan (AKD),” jelas Michael.

Sebagai informasi, empat partai pemenang di Pileg 2024 berhak akan jabatan pimpinan DPRD Banyuwangi. 

Posisi pertama dipimpin PDI Perjuangan dengan 11 kursi. Otomatis posisi Ketua DPRD diamankan oleh PDI Perjuangan.

Posisi kedua ditempati PKB dengan 9 kursi, sehingga berhak mendapat jatah wakil ketua I DPRD Banyuwangi. 

Posisi ketiga dan keempat diraih Partai Demokrat dan Golkar, yang sama-sama memperoleh 7 kursi. Hanya saja, secara total perolehan suara Demokrat lebih banyak dibanding Golkar.

Sehingga, Partai Demokrat mendapat jatah kursi wakil ketua II, sedangkan Golkar mengamankan kursi wakil ketua III DPRD Banyuwangi.

Selain empat parpol ini, ada tiga parpol lain yang menghiasi parlemen Banyuwangi yaitu, NasDem dengan perolehan 7 kursi, Gerindra 6 kursi, dan PPP 3 kursi. (d)

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.