https://jatim.times.co.id/
Berita

Surabaya Gerah, Dosen Unusa Bagikan Tips Jaga Kesehatan Hadapi Cuaca Panas

Kamis, 28 Oktober 2021 - 18:15
Surabaya Gerah, Dosen Unusa Bagikan Tips Jaga Kesehatan Hadapi Cuaca Panas Dosen Unusa dari Departemen Biokimia dan Biomolekuler kedokteran Unusa, dr.Hotimah Masdan Salim.,PhD. (Foto: dok. dr.Hotimah Masdan Salim.,PhD for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Suhu udara di Kota Surabaya akhir-akhir ini begitu panas. Bahkan Rabu (28/10/2021), BMKG Juanda mencatat suhu udara di Surabaya mencapai 34,4 Derajat Celsius. Untuk menjaga kesehatan saat suhu udara panas, Dosen Unusa (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya) memberikan beberapa tips.

Dosen Unusa dari Departemen Biokimia dan Biomolekuler kedokteran Unusa, dr.Hotimah Masdan Salim.,PhD. mengatakan bahwa cuaca yang panas dapat mengganggu metabolism tubuh, bahkan dapat menyebakan kematian karena Heat Stroke.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan selama cuaca panas,

Pertama, menjaga kebutuhan air didalam tubuh dengan memperbanyak minum air mineral sesuai dengan berat badan atau sekitar 2,7 liter untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria selama 24 jam agar tubuh terhidrasi dengan baik.

"Kedua, konsumsi Buah dan Sayur agar tetap menjaga kebutuhan vitamin dan nutrisi di dalam tubuh. Misalnya, Semangka, Melon, Timun, Tomat, dan sayuran lainnya yang juga berfungsi menjaga tubuh tetap terhidrasi," ujar wanita yang akrab disapa dokter Ima itu.

Ketiga, hindari paparan sinar matahari secara langsung, karena dapat memicu resiko kerusakan kulit atau bahkan kanker kulit. Pencegahan nya  dapat menggunakan Payung atau Pelembang Sunscreen yang mengandung SPF 30 atau sesuai dengan kulit anda.

"Keempat, hindari makanan yang tinggi protein karena dapat meningkatkan suhu tubuh," jelasnya.

Kelima, jika terjadi heat cramps atau kram otot akibat kehilangan elektrolit, segera makan atau minum yang mengandung garam.

"Keenam, jika terjadi heat exhaustion dengan gejala mengeluarkan keringat, tekanan darah menurun, sakit kepala, mual, gangguan penglihatan dan pingsan segera berlindung di tempat teduh dan bersitirahat serta lakukan rehidrasi," paparnya.

Nah itu tadi adalah tips menghadapi cuaca panas ala Dosen Unusa. Semoga kita bisa melewati cuaca panas di Kota Surabaya dengan tetap nyaman. (*)

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.