https://jatim.times.co.id/
Berita

Ramai Mahasiswa KIPK Hedon, UB Verifikasi Ulang Penerima Bantuan

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:28
Ramai Mahasiswa KIPK Hedon, UB Verifikasi Ulang Penerima Bantuan Salah satu sudut Universitas Brawijaya. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Universitas Brawijaya (UB) bakal melakukan verifikasi data terkait penerima beasiswa dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang ada di UB. Hal ini setelah adanya informasi viral seorang mahasiswa yang diduga sebagai penerima KIPK namun punya gaya hidup yang hedon.

"Kami akan melakukan evaluasi ulang kelayakan mahasiswa sebagai penerima KIP-K. Ada 3 tahapan proses yang akan dilakukan. Pertama, mendata dan mengidenfitikasi nama-nama mahasiswa yang beredar di media sosial sekaligus nama-nama yang terlapor melalui UB-Care," jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa Dr Setiawan Noerdajasakti, SH, MH.

Ia menambahkan, sejauh ini UB masih menerima laporan kemahasiswaan telah mendata dan mengidentifikasi nama-nama mahasiswa yang muncul di media sosial, serta menerima laporan baik secara langsung kepada kemahasiswaan maupun melalui layanan UB-Care.

Untuk penelusuran lebih lanjut, Setiawan mengatakan, akan dilakukan kemudian. Setelah dilakukan verifikasi data dan jika ditemukan indikasi kuat melakukan kecurangan, pihak kampus akan memanggil yang bersangkutan untuk dikonfirmasi dan dievaluasi.

"Tahapan kedua, kami akan melanjutkan proses evaluasi penerima KIP-K yang secara rutin dilaksanakan tiap semester. Dan ketiga, memanggil mahasiswa-mahasiswa yang terlapor untuk evaluasi lebih lanjut," ujarnya.

Sebelumnya, mahasiswa penerima beasiswa KIPK menjadi sorotan banyak pihak, setelah viral di media sosial seorang mahasiswa penerima KIKP yang diduga dari Universitas Diponegoro (Undip), Jawa Tengah (Jateng). Mahasiswa tersebut gemar memamerkan barang mewah seperti handphone mahal di akun media sosialnya.

Padahal, syarat penerima KIPK sebenarnya  adalah mereka yang berasal dari golongan tidak mampu, dengan potensi akademik baik. Saat mereka mendaftar sebagai penerima KIPK, mereka juga disyaratkan untuk melaporkan penghasilan orang tua hingga foto rumah. Kasus ini pun menjadi sorotan banyak perguruan tinggi seperti Universitas Brawijaya (UB) yang akan melakukan evaluasi terhadap mahasiswa penerima KIPK mereka. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.