Berita

Ritual Ruwat Pasar, Satukan 7 Tanah dari Pasar Berbeda di Kabupaten Mojokerto

Senin, 08 Agustus 2022 - 14:13
Ritual Ruwat Pasar, Satukan 7 Tanah dari Pasar Berbeda di Kabupaten Mojokerto Prosesi Ruwat Pasar oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati yang digelar di Pasar Rakyat Trowulan, Kabupaten Mojokerto. (Dok. Kominfokab Mojokerto for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MOJOKERTORuwat Pasar digelar di Pasar Rakyat Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Ruwat Pasar ini melakukan prosesi penyatuan tanah yang telah diambil dari tujuh pasar di Kabupaten Mojokerto.

Tanah tersebut berasal dari pasar raya Mojosari, Pasar Niaga Mojosari, Pasar Kutorejo, Pasar Dlanggu, Pasar Pohjejer, Pasar Kedungmaling, dan pasar Gempol kerep.

Ruwat ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto, Minggu (7/8/2022).

Prosesi penyatuan tanah ini dilakukan oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dan Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto, Iwan Abdillah.

Ritual-Ruwat-Pasar-2.jpgProsesi Ruwat Pasar oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati yang digelar di Pasar Rakyat Trowulan, Kabupaten Mojokerto. (Dok. Kominfokab Mojokerto for TIMES Indonesia)

Selain upacara penyatuan tanah, Bupati Ikfina juga melakukan penamaan pohon tanjung dan pohon mojo yang disiram dengan tiga sumber air dari pertitaan Jolotundo, sumber panguripan Desa Pakis, dan air dari kolam segaran Trowulan.

Dalam kesempatan yang sama, digelar pula pertunjukan seni bantengan.

Bupati Ikfina mengatakan, diadakan upacara ini sebagai ikhtiar batin pemkab Mojokerto agar pasar rakyat Trowulan bisa lebih eksis lagi kedepannya. Selain itu, Pemkab Mojokerto juga melibatkan seni budaya sebagai upaya untuk mengangkat kearifan lokal di Kabupaten Mojokerto.

"Saya minta tolong kepada masyarakat semua, karna yang membuat pasar bisa ramai adalah kita semua, silahkan yang punya jualan apa saja jualan disini dan yang mau beli apa saja kesini, dengan begitu pasar ini otomatis akan menjadi ramai," jelas Ikfina dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Ritual-Ruwat-Pasar-3.jpgSalah satu rangkaian Prosesi Ruwat Pasar yang digelar di Pasar Rakyat Trowulan, Kabupaten Mojokerto. (Dok. Kominfokab Mojokerto for TIMES Indonesia)

Ikfina juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang datang dengan tertib, Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan karena Kabupaten Mojokerto masih PPKM level satu.

"Saya minta tolong semuanya harus sehat, pasar ramai kalau masyarakatnya tidak sehat tidak ada gunanya, jadi pasar ramai produktivitas ekonomi meningkat syaratnya kalian semuanya harus sehat," jelasnya.

Selain itu, Ikfina juga meminta semua masyarakat bekerjasama agar eknomi segera pulih dengan cepat dan kondisi masyarakat bisa bahagia dan sejahtera.

"Mari bersama-sama bergotong royong, kita bekerja bersama-sama mengupayakan kegiatan-kegiatan ekonomi kita segera bisa berjalan dengan baik," pungkasnya dalam ritual Ruwat Pasar di Kabupaten Mojokerto. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.