Berita

Peringati Harlah ke-98 NU, PCNU Magetan Ziarah Makam Muassis dan Muharrik

Kamis, 25 Februari 2021 - 22:41
Peringati Harlah ke-98 NU, PCNU Magetan Ziarah Makam Muassis dan Muharrik PCNU Magetan saat melakukan ziarah ke makam para muharrik dan sesepuh NU di Magetan, Kamis (25/2/2021). (FOTO: PCNU Magetan for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MAGETAN – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Magetan (PCNU Magetan) menggelar ziarah ke sembilan makam muassis dan muharrik NU, Kamis (25/2/2021). Tradisi ziarah itu merupakan bagian kegiatan dalam rangka memperingati Harlah ke-98 Nahdlatul Ulama.

"Ziarah  ini sudah menjadi tradisi PCNU Magetan dalam 4 tahun terakhir. Tahun 2021 ini dilaksanakan pada hari ini, dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan titik kumpul di Kantor PCNU Magetan," ujar Rofi'udin, koordinator acara.

PCNU-Magetan--2.jpg

Ada pun sembilan makam leluhur yang diziarahi, yaitu makam KH Abu Naim di Selosari, KH Sudjarni Ibrahim di Watugajah Selosari, KH Imam Muslih di Kauman Magetan, KH Muchsanuddin di Mojopurno Ngariboyo, KH Supriyanto Ubaidillah di Pojok Kawedanan, KH Suryani Maulana Husain di Kedungpanji Lembeyan, KH Abdul Karim di Joyodipuro Becok Kartoharjo, KH Syaifuddin Muhammad di Sumursongo Karas, dan KH Dimyati Rofi'i di Sobontoro Karas.

Berbeda dengan tahun sebelum masa pandemi Covid-19, ziarah tahun ini dikemas sesuai dengan standar protokol kesehatan (prokes). Di antaranya, menjaga jarak hingga memakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau virus corona.

PCNU-Magetan--3.jpg

"Berhubung dalam masa pandemi, rombongan ziarah selalu menerapkan protokol kesehatan, yaitu cuci tangan dan memakai masker," jelas Rofi'udin.

Menurutnya, prosesi ziarah tersebut digelar sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada para muharrik dan sesepuh atas perjuangannya dalam mengembangkan paham Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah di Magetan. Juga sekaligus sebagai pengingat bagi warga Nahdliyin.

"Semoga acara ini semakin mempererat kekompakan para kader NU. Kemudian, generasi penerus bisa meneladani keikhlasan para kyai dalam berkhidmat kepada NU," imbuh Ketua LWP NU Magetan ini. (*)

Pewarta : M Kilat Adinugroho Syaifullah
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.